Pengawasan Ketat Tekan Lonjakan Harga Bahan Pokok

:


Oleh Tri Antoro, Selasa, 21 Juni 2016 | 16:04 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 170


Banda Aceh, InfoPublik - Pemerintah Kota Banda Aceh lakukan pengawasan ketat terhadap harga sembako diseluruh pasar besar dan kecil pada saat Ramadhan. 

 

"Ada pengawasan yang kita lakukan supaya harga-harga tak meningkat tajam," ujar Walikota Banda Aceh Walikota Banda Aceh Illiza Sa'aduddin Djamal pada saat menerima Panitia Tahapan Pemaparan dan Penilaian WTN III Kementerian Perhubungan di Banda Aceh, Selasa (21/6). 

Menurut dia, selama bulan Ramadhan pihaknya telah melakukan serangkaian operasi pasar, sidak, pasar murah bagi masyarakat yang kurang mampu. Guna mencegah terjadi peningkatan harga bahan pokok  sesuai dengan peraturan pemerintah pusat. 

Disamping menjaga harga, kata Illiza, hal ini merupakan upaya dalam menjaga kualitas bahan-bahan pokok yang beredar dimasyarakat tetap bagus. karena ada dugaan  bahan-bahan pokok yang berasal dari luar daerah yang mayoritas penduduknya bukan muslim mengolah makanannya tidak sesuai syariat Islam. 

Ia meyakini, harga bahan pokok yang meningkat hanya terjadi pada saat Ramadhan dan hari raya Idul Fitri. Sesudah perayaan besar masyarakat itu, harga bahan pokok akan berangsur-angsur turun. 

"Kalau untuk efektifitas pasar ini kan ada masanya mereka mendapatkan keuntungan ketika Ramadhan. Kami berharap pedagang juga menjaga kestabilan harga bahan pokok," pungkasnya.