Pengiriman Pempek Ke Luar Palembang Meningkat

:


Oleh MC Kota Palembang, Selasa, 21 Juni 2016 | 11:40 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 650


Palembang.InfoPublik -  Transaksi pengiriman di Kantor Pos Palembang meningkat memasuki hari ke 10 puasa tahun ini.

Ini diluar perkiraan. “Biasanya lonjakan pengiriman baru akan terjadi 20 hari menjelang Lebaran,” ujar Kepala Kantor Pos Besar Merdeka Palembang, Rody Herawan, Rabu, (15/6).

Lonjakan pengiriman itu meliputi pengiriman ke luar (out going) maupun pengiriman masuk (incoming).

Makanan khas Palembang, pempek, paling banyak dikirimkan dari Kantor Pos. Herawan mengatakan, di luar Ramadan, pempek dikirim dari Palembang sekitar 5 hingga 8 ton setiap bulan.

Namun, memasuki minggu kedua Ramadan, pengiriman pempek ke luar Palembang sejak awal hingga hari ini mencapai 11,5 ton per bulan.

“Ada kenaikan lebih dari 50 persen dari pengiriman normal setiap bulannya,” kata Herawan, seraya menambahkan, mayoritas pempek dikirim ke Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya dengan sebaran pengiriman mencapai 65 persen.

Ada pun di Pulau Sumatera sebaran pengiriman sekitar 20 persen, antara lain ke Batam, Kepulauan Riau dan Medan.

“Sisanya itu pengiriman ke Kalimantan dan Ternate,” ujar Herawan.Ia melanjutkan, untuk pengiriman pempek PT Pos bekerja sama dengan 24 toko pempek di Palembang. Antara lain Toko Pempek Beringin, Lince, Selamat, Pak Rade, Vicco.

Herawan memprediksi puncak pengiriman akan terjadi pada minggu ke dua dan minggu ketiga Lebaran.“Untuk pengiriman sendiri kita masih menerima sampai H-4. Tapi, setelah pengiriman kita tutup karena takutnya tidak sampai tepat waktu.”

PT Pos juga menambah petugas pengiriman dan penambahan jam kerja tenaga pengantar kiriman. Tujuannya agar pengiriman tepat waktu. (MC.Kota Palembang/Ria Amelia/Hidayatullah/Eyv)