Pemindahan Pelabuhan Pelni Direncanakan Akhir Pekan Ini

:


Oleh MC Kota Batam, Selasa, 21 Juni 2016 | 09:52 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 547


Batam, InfoPublik  – Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Ignasius Jonan memerintahkan pelayanan Pelni pindah dari Pelabuhan Beton Sekupang ke Pelabuhan Batuampar. Perintah ini disampaikan Jonan saat meninjau kesiapan arus mudik di Kota Batam, pekan lalu.

Manajer Operasional PT Pelni Cabang Batam, Dahlan Mustofa mengatakan rencananya pemindahan mulai dilaksanakan akhir pekan ini. Awalnya Pelni berencana mulai menjalankan perintah tersebut di awal pekan.

“Kami baru saja rapat dan diputuskan Selasa ini belum bisa. Jadi Jumat baru mulai pelaksanaannya. Selasa masih di pelabuhan beton Sekupang. Jumat baru di Batuampar,” kata Dahlan, Senin, (20/6).Ia mengatakan pemindahan tidak bisa dilakukan di awal pekan ini karena banyak hal yang harus dipersiapkan terlebih dulu. Seperti keamanan dan rekayasa lalulintas penumpang.

Adapun dermaga yang akan digunakan di Batuampar nanti rencananya adalah dermaga selatan. Dan terminal penumpangnya menggunakan ruangan yang dulu dipakai sebagai pelabuhan internasional.“Namun, kami masih mau rapat ulang dengan Dishub. Sesuai arahan Walikota,” kata Dahlan.

Sementara itu, Walikota Batam Muhammad Rudi mengatakan kebijakan Menteri Perhubungan ini dikhawatirkan akan membuat kemacetan di Kawasan Batuampar. Karena pelabuhan Batuampar merupakan pelabuhan kontainer yang cukup padat lalulintasnya.“Bisa macet itu. Saya akan panggil pihak Pelni dulu,” kata Rudi. (MC Batam Taslim/Eyv)