Produk Beras Lokal Kubu Raya Siap Bersaing Dalam Pasar Bebas

:


Oleh MC Kabupaten Kubu Raya, Senin, 20 Juni 2016 | 10:23 WIB - Redaktur: Kusnadi - 506


Kubu Raya, InfoPublik – Di era perdagangan bebas produk beras dari luar akan lebih banyak dipasarkan sehingga akan banyak pilihan bagi masyarakat untuk memilih bermacam-macam produk beras dipasaran.

“Setiap daerah yang memiliki kelebihan produk beras dan para pedagang antar pulau bisa saja memasarkan ke mana-mana, termasuk di Kabupaten Kubu Raya, yang juga akan terkena imbas era perdagangan bebas nantinya. Namun sebenarnya konsumsi dalam daerah sendiri sebenarnya terpenuhi dan tercukupi malahan kita bisa menjual produk beras ke luar daerah,” ucap Kepala Dinas Pertanian dan Perternakan Kabupaten Kubu Raya, Gandhi S, di ruang kerjanya, Jumat (17/6)

Menurutnya, selera masyarakat tentunya akan memilih dari kualitas yang baik dan harga yang terjangkau. Untuk daya serap pembeli masing-masing produk mempunyai ciri sendiri sehingga masyarakat akan lebih bijaksana dalam memilih produk beras.

“Dalam ketersediaan pangan kita hal tidak menjadi masalah, apa lagi perdagangan bebas antar regional ini merupakan suatu perputaran perdagangan yang sudah biasa,” imbuhnya

Terkait dengan kualitas beras dirinya menjelaskan bahwa secara spesifikasi produk beras terbagi menjadi dua macam super dan biasa dan tentunya masing-masing produk itu memiliki harga tersendiri.

“Bagi mereka yang memiliki tingkat ekonomi tentu bisa menjangkau harga beras super tetapi pada posisi masyarakat menengah ke bawah dapat mengkonsumsi beras yang berkualitas baik yang layak dikonsumsi,” katanya

Dalam meningkatkan produk beras Kubu Raya pihaknya sudah melabel jenis-jenis beras yang akan di pasarkan. Kualitas beras Kepala (super) asal Kubu Raya juga bisa bersaing dengan beras super dari luar serta mempunyai harga jual tersendiri

“Dalam pengelolaannya dari awal para petani kita sudah menggunakan bahan-bahan organik. Ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh masyarakat, karena zero kimia merupakan gaya pola sehat untuk berkelanjutan,” terangnya (MC KubuRaya/ird/Kus)