Masyarakat Gelar Berbagai Kegiatan Bernuansa Religius Selama Ramadhan

:


Oleh mctidore, Minggu, 19 Juni 2016 | 06:57 WIB - Redaktur: Tobari - 429


Tidore, InfoPublik - Kehadiran bulan suci Ramadhan 1437 Hijriyah / 2016 Masehi, dimanfaatkan oleh sejumlah elemen masyarakat Kota Tidore Kepulauan dengan menggelar berbagai kegiatan positif dan bernuansa religius.

Setelah Remaja Masjid Nurul Bahar Kelurahan Tomalou menggelar kegiatan Lomba TPQ se Kelurahan Tomalou, kali ini giliran Ikatan Pemuda Pelajar Gurabati (IPPG) menggelar kegiatan Sepekan Ramadhan 1437 Hijriyah yang dipusatkan di Masjid Nurul Yaqin Kelurahan Gurabati Kecamatan Tidore Selatan.

Kegiatan bertema “Peran Serta Ibadah Sebagai Poros Motivasi Dalam Memupuk Kreatifitas” ini dibuka oleh Asisten Setda Bidang Ekonomi dan Kesra H. Saleh Yasin seusai shalat tarawih berjamaah, yang dihadiri Ketua Yayasan Nurul Yaqin, Lurah Gurabati, tokoh agama, tokoh Adat serta tokoh masyarakat se Kelurahan Gurabati

H. Saleh Yasin mengatakan kegiatan Ramadhan yang digelar IPPG di bulan suci Ramadhan ini, memiliki peran penting dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan para pemuda dan pelajar.

“Sekaligus memberikan nilai tambah dalam melaksanakan ibadah puasa. semoga kegiatan ini dapat dimanfaatkan juga sebagai wadah silahturahim anatra generasi muda dan masyarakat di Kelurahan Gurabati,” katanya.

Sementara itu panitia pelaksana kegiatan, Fajrin Wahid menjelaskan kegiatan Sepekan Ramadan se kelurahan Gurabati telah menjadi kegiatan rutin tahunan yang di selenggarakan oleh IPPG.

“Sepekan Ramadhan” ini merupakan  pencarian bibit qari-qariah, hafidz-hafidzah, mufassir-mufassirah, dan cabang lainnya dan mampu memberikan motivasi pada semua kalangan masyarakat Gurabati.

Melalui kegiatan-kegiatan seperti ini diharapkan bisa menghasilkan anak-anak Gurabati yang bisa berkompetisi  di MTQ Tahun 2016. Salah satu santri dari kelurahan Gurabati atas nama Tita Kamaria mewakili Maluku Utara MTQ Tahun 2016 ke tingkat Nasional inilah salah satu yang harus dibanggakan bagi seluruh masyarakat kelurahan Gurabati.

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 16 Juni sampai 21 Juni 2016 yang terdiri dari 8 mata lomba, di antaranya Tilawatil Qur’an, Syahril Qur’an, Tartil Qur’an, Fahmil Qur’an, Khottil Qur’an, Hifzil Qur’an, Adzan serta Hafalan Doa-doa Harian Tingkat Taman Kanak-kanak

Pembukaan kegiatan Sepekan ramadhan ini diikuti dengan Pelantikan Dewan Hakim Pekan Ramadhan oleh Kepala Kelurahan Gurabati sesuai dengan SK No: 06/A/SK/IPPG/VI/2016.

Pada Kesempatan ini panitia juga menggelar pameran foto dokumentasi pembangunan mesjid Nurul Yaqin sebagai bagian dari upaya untuk merefleksikan kembali nilai-nilai semangat membangun dan amalan Jariyah, agar senantiasa Mesjid Nurul Yaqin ini terus dipelahara secara fisik bangunan dan jamaah. (MC Tidore/humas/toeb)