Pemerintah Targetkan 1 Juta Domain UMKM

:


Oleh Eko Budiono, Jumat, 17 Juni 2016 | 13:55 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 1K


Jakarta, InfoPublik - Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan satu juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mendapatkan domain di tahun 2016, mengingat  makin tingginya tantangan yang dihadapi oleh UMKM di era digital.

“UMKM  telah berkontribusi 58 % terhadap gross domestic product atau produk domestik bruto. Kami akan terus mendukung perkembangan UMKM,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara di Gedung SMESCO, Jumat (17/6).

Menkominfo menegaskan UMKM termasuk salah satu sokoguru perekenomian nasional selain swasta dan BUMN. Menurutnya, dukungan tersebut diharapkan  bisa memacu pertumbuhan UMKM di tanah air. “ Kami akan memberikan domain secara gratis terhadap satu juta UMKM dan tentu kami harapkan sektor UMKM bisa makin berkembang,” katanya.

Ia menambahkan dalam pengembangan UMKM tidak boleh ada ego sektoral. “ Kami akan memberikan nilai tambah terhadap sektor UMKM dan hal ini perlu kerja sama dengan pihak lain termasuk Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah,” ungkapnya.

Sedangkan Sekretaris  Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Agus Muharram mengatakan pihaknya akan terus memfasilitasi UMKM, termasuk akses pasar domestik dan internasional.  Kami berharap beberapa waktu mendatang sektor UMKM dan koperasi mamu bersaing dan seluruhnya sudah menggunakan perangkat teknologi informasi,” katanya.

Menurutnya, seluruh koperasi dan UMKM diharapkan bisa menerapkan manajemen yang modern dengan dukungan teknologi.  "Dalam era digital ini, koperasi dan UMKM yang tidak menggunakan perangkat teknologi informasi akan tertinggal,” tambahnya.