Jakarta, InfoPublik - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi melakukan kunjungan kerja dan safari Ramadhan ke satuan TNI Angkatan Laut yang berada di wilayah Batam dan Tajung Pinang.

Pada kesempatan ini, Kasal didampingi oleh Ketua Umum Jalasenastri Endah Ade Supandi melakukan tatap muka langsung dengan prajurit dan istri prajurit, Selasa (14/6). 

Melalui keterangan tertulis yang diterima InfoPublik, KSAL beserta rombongan mengunjungi beberapa tempat diantaranya Yonif-10 Marinir Setoko, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Batam, Markas Komando Gugus Keamanan Laut Armada Barat (Guskamlabar), dan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjung Pinang.

Pada kunjungannya di Batam dan Tanjung Pinang kali ini, Yonif-10 Marinir Setoko menjadi tempat pertama yang dikunjungi oleh Kasal dan rombongan. Setibanya di Markas Marinir Satria Bumi Yudha Setoko, orang nomor satu di Angkatan Laut tersebut disambut dengan Valreep dan Jajar Kehormatan oleh Danyonif-10 Mar Letnan Kolonel Marinir Anjas Wicaksono serta pemberian hand bucket kepada Ketua Umum Jalasenastri oleh Yulfana Anjas Wicaksono.

Dihadapan para prajurit Yonif-10 Marinir Kasal mengatakan puasa adalah belajar untuk mengendalikan diri dengan niat karena semata-mata ingin melaksanakan ibadah.

"Puasa juga melatih kemampuan dan kesiapan mental seorang prajurit dalam menghadapi tugas sebagai prajurit petarung," kata Ade.

Setelah bertatap muka dengan prajurit Yonif-10 Marinir, Kasal beserta rombongan melanjutkan kunjungannya ke Lanal Batam dan langsung disambut oleh Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Batam Kolonel Laut (P) R Eko Suyatno.

Pada kesempatan ini, bertempat di ruang rapat Mako Lanal Batam, Kasal beserta Endah Ade Supandi juga berkesempatan bertatap muka dan memberikan pengarahan kepada segenap prajurit dan istri prajurit yang ada disatuan tersebut.

Kasal mengatakan tujuan kunjungannya kali ini dalam rangka silaturahmi dan penyampaian beberapa kebijakan serta berkaitan dengan safari ramadhan.

Sementara terkait kehidupan di Batam, Kasal juga berpesan agar para prajurit dapat menyikapi secara bijaksana dan beradaptasi dengan kondisi kehidupan di wilayah Batam yang merupakan daerah sentra bisnis.

Kasal kemudian melanjutkan kunjungannya ke Markas Komando (Mako) Gugus Keamanan Laut Armada Barat (Guskamlabar), dan disambut langsung oleh Komandan Guskamlabar Laksamana Pertama TNI Muhammad Ali.

Sebagai tujuan akhir, pada safari Ramadhan kali ini Kasal dan Ketua Umum Jalasenastri beserta rombongan para pejabat bertolak menuju Lantamal IV Tanjung Pinang guna melaksanakan acara Buka Puasa Bersama, dan penyerahan Tali Asih kepada putra putri  Pantiasuhan Al - Khoir, Tanjung Pinang.