Padamkan Karlahut Satgas Berjalan Kaki 2 KM Menuju Lokasi

:


Oleh Prov. Riau, Selasa, 14 Juni 2016 | 09:08 WIB - Redaktur: Kusnadi - 96


Pekanbaru, InfoPublik – Upaya Waterboombing dan hujan yang mengguyur sebagian wilayah Riau tadi malam rupanya belum mampu mengatasi kebakaran lahan di desa Pangkalan Terap Kecamatan Teluk Meranti, Pelalawan.

Senin (13/6/2016) tim Satgas darat dan Satgas Udara kembali melakukan operasi pemadaman titik api. Bahkan, pemadaman langsung dilakukan Kapolsek Teluk Meranti Iptu Suprianto, Danramil Kapten Daswat serta sejumlah personil TNI/Polri dan manggala agni.

Sementara untuk operasi udara, hari ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau mengerahkan dua helikopter MI-8 dibantu satu superpuma dari PT Sinarmas untuk melakukan waterboombing.

"Hari ini tim darat dan udara kembali melakukan operasi pemadaman di lokasi karlahut yang sejak beberapa hari ini kita lakukan pemadaman. Informasi yang kami terima pagi tadi tim darat menggunakan pompong untuk menuju lokasi, dan satgas udara mengerahkan helikopter MI-8 dibantu satu heli Sinarmas," ujar Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger.

Dijelaskan Edwar, semalam hujan sempat mengguyur wilayah Riau, namun untuk lokasi karlahut hanya dibasahi hujan gerimis, sehingga api belum padam sepenuhnya.

"Masih ada sisa-sisa kebakaran yang belum padam sepenuhnya, karena dilokasi kebakaran hanya gerimis,. Makanya kita harus pastikan ini benar-benar clear," pungkasnya.

Selain operasi darat dan udara dengan tiga helikopter, pihaknya juga berencana mengerahkan 2 pesawat satgas udara BNPB tipe air tractor AT 802 yang akan melaksanakan water bombing ke lokasi tersebut.Informasi dilapangan, masih terdapat dua titik api diwilayah pesisir Pelalawan tersebut dengan cakupan luas mencapai lebih kurang 35 hektare.(MC Riau/yan/Kus)