Menteri Puspayoga Dapat Penghargaan ICSB Di New York

:


Oleh Putri, Selasa, 14 Juni 2016 | 13:57 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 366


Jakarta, InfoPublik - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) AAGN Puspayoga diberi penghargaan oleh Internatinal Council for Small Business (ICSB) Conference diberikan di Markas PBB, New York, Amerika Serikat. ICSB merupakan organisasi dengan 80 anggota dan diselenggarakan tanggal 14-17 Juni 2016.

Deputi Produksi dan Pemasaran Kemenkop UKM I Wayan Dipta mengatakan Menteri Puspayoga direncanakan akan menerima langsung penghargaan dari President ICSB Ki-Chan Kim. "Menteri Puspayoga dinilai sangat mendukung dan mampu mengajak masyarakat untuk menyelesaikan masalah sosial dan lingkungan dengan pendekatan bisnis. Masyarakat menjadi wirausaha yang sekaligus mampu mengatasi persoalan sosial dan lingkungan sekitar dengan tekhnologi," kata I Wayan,  Senin (13/6) di Jakarta.

I Wayan menjelaskan pendekatan human enterpreneurship merupaka konsep kewirausahaan yang bekerja untuk masyarakat dan kemanusiaan. Pendekatan ini bagian dari socio technopreuneurship yang menekankan pada faktor manusia. Berbagai masalah sosial yang berhasil diatasi antara lain sampah yang diolah menjadi produk kerajinan.

Selain itu, kotoran sapi menjadi biogas serta anggur yang biasanya dijual dengan harga rendah bisa diolah menjadi wine, seperti yang sudah dilakukan di Bali. Selain menerima penghargaan, Menteri Puspayoga juga dijadwalkan akan menandatangani Nota Kesepahaman dengan Korea Selatan. Nota tersebut berisi dukungan dan penguatan kerjasama dengan pemerintah Korea Selatan untuk mengembangkan UKM di Indonesia.

Selama ini kerjasama UKM dengan Korsel sudah cukup banyak, seperti pengembangan One Village One Product (OVOP). "Namun, kedua negara menilai perlu lebih memperkuat kerjasama untuk pengembangan UKM di Indonesia khususnya dengan dukungan teknologi dan para ahli dari Korsel," jelasnya.