Uji Coba Integrasi Sistem pembayaran Jalan Tol Tidak Dibatasi Waktu

:


Oleh Tri Antoro, Selasa, 14 Juni 2016 | 13:57 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 366


Jakarta, InfoPublik - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) melakukan uji coba integrasi sistem pembayaran jalan tol di Gerbang Tol Palimanan, Senin (13/6). 

“Uji coba tanggal 13 Juni tidak dibatasi waktu. Apabila ada yang kurang akan dilakukan evaluasi,” ujar Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna, melalui siaran persnya.

Dengan dimulainya uji coba integrasi ini, para pengguna jalan tol dari Jakarta dan Bandung yang akan mudik, hanya perlu melakukan transaksi pembayaran di gerbang tol tujuan. Pengguna jalan tol tidak perlu lagi bertransaksi di Gerbang Tol Cikopo, Gerbang Tol Plumbon, Gerbang Tol Ciperna dan Gerbang Tol Mertapada.

Integrasi sistem pembayaran jalan tol dibagi menjadi 2 cluster yaitu Cluster I meliputi Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Jasa Marga), Jalan Tol Cipularang(Jasa Marga), Jalan Tol Padaleunyi (Jasa Marga) serta Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Lintas Marga Sedaya). Sedangkan untuk integrasi Cluster II meliputi Jalan Tol Palimanan-Kanci (Jasa Marga), Jalan Tol Kanci-Pejagan (Semesta Marga Raya), dan Jalan Tol Pejagan-Pemalang (Pejagan Pemalang Toll Road).

Mekanisme transaksinya akan dilakukan sebagai berikut:

Pertama,Jalur Keluar Jakarta atau menuju tempat mudik, pengguna jalan akan mengambil KTME di GT Cikarang Utama 1 dan menyerahkan KTME sekaligus melakukan pembayaran transaksi tol di GT Palimanan untuk ruas Cluster I. Setelah melakukan pembayaran di GT Palimanan, pengguna jalan selanjutnya mengambil KTME untuk Cluster II dan akan membayarkan tarif tol di gardu-gardu keluar sesuai asal tujuan (sistem tertutup).

Kedua, Jalur Menuju Jakarta/Balik, pengguna jalan mengambil KTME Ruas Cluster II pada gardu masuk Ruas Palimanan – Brebes Timur kemudian menyerahkan KTME sekaligus membayar tarif tol Ruas Cluster II sesuai asal tujuan (Sistem Transaksi Tertutup) pada gardu keluar GT Palimanan. Khusus transaksi Pada GT Palimanan. Selanjutnya pengguna jalan mengambil KTME untuk ruas Cluster I dan melakukan transaksi di gardu keluar ruas Jakarta-Cikampek (mis. GT Cikarang Utama 2 atau 3) atau ruas Cipularang-Padaleunyi.

Ketiga, Implementasi pembayaran transaksi tol elektronik (E-Toll) melalui Bank Himbara (Bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN) dan BCA untuk Cluster I, sedangkan transaksi tol elektronik untuk Cluster II sementata hanya akan melalui Bank Himbara saja, BCA akan bergabung di Cluster II setelah Lebaran nanti.