BRI Syariah Siap Menjadi Penyalur KUR

:


Oleh Amrln, Jumat, 10 Juni 2016 | 09:37 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 500


Jakarta, InfoPublik - Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia Syariah Moch Hadi Santoso mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan diri sebagai bank syariah pertama yang menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) dan menargetkan dapat berjalan tahun ini.

Menurutnya, untuk memuluskan menjadi penyalur KUR pihaknya tinggal menunggu kepastian Kementerian Keuangan. "Izin prinsip dari OJK sudah, surat persetujuan dari Kementerian Koordinator Perekonomian sudah, tinggal di Kemenkeu," kata Hadi di kantor pusat BRI Syariah, Jakarta, Kamis (9/6).

Hadi mengatakan BRI Syariah telah mendapat rekomendasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menjadi penyalur KUR Syariah dan telah menjalin kerja sama dengan PT Jamkrindo Syariah.

Ditambahkannya, BRI Syariah kini telah memiliki sistem dalam jaringan online berupa aplikasi penunjang pembiayaan yang menghasilkan data KUR sesuai dengan Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) Kementerian Keuangan.

Dalam pembiayaannya, BRI Syariah akan menyalurkan dana KUR sebesar Rp 500 miliar dengan skala mikro maksimal Rp 25 juta per nasabah. Hadi menjelaskan tidak ada perbedaan antara penyaluran KUR Syariah dan konvensional.

"Semua sama, dari peraturannya, subsidi dan objeknya sama dengan bank konvensional. Hanya saja kami menyalurkan melalui syariah dengan akad yang berbeda," ujar Hadi.

Adapun untuk mekanisme pembiayaan, perseroan menggunakan struktur murabahah, yakni jual beli yang dilakukan antara bank syariah dan nasabah (end user) dengan margin per tahun setara dengan yang ditetapkan pemerintah sebesar sembilan persen.

Wilayah jangkauan penyaluran KUR yang disasar adalah seluruh Indonesia yang memiliki kantor cabang dan sebagian besar diarahkan ke Indonesia bagian timur.