13 Bandara Angkasa Pura II Siap Layani Angkutan Lebaran

:


Oleh Dian Thenniarti, Kamis, 9 Juni 2016 | 10:14 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 709


Jakarta, InfoPublik - PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan siap melayani penumpang pesawat di 13 bandara yang dikelola perusahaan pada masa angkutan Lebaran 1437H/2016 yang diprediksikan mencapai 4,69 juta penumpang atau meningkat 8 persen dibandingkan periode sama tahun lalu 4,34 juta penumpang.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Budi Karya Sumadi mengungkapkan pihaknya akan menambah kursi tunggu dan memperlebar areal musholla di terminal eksisting, lalu mengoptimalkan lounge umroh sebagai areal holding, dan mengadakan pembagian takjil gratis selama Bulan Ramadhan.

Selain itu, untuk memastikan keamanan di bandara, personel aviation security juga akan didukung oleh personel  TNI dan Polri, serta mendirikan Posko Lebaran di setiap bandara di bawah pengelolaan perusahaan guna memastikan pelayanan dan keamanan penumpang pesawat.

Khusus di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, pergerakan penumpang diprediksi dapat mencapai 2,78 juta penumpang atau naik 3,2 persen dengan arus puncak mudik pada H-5 hingga H-3 serta arus puncak balik pada H+5, H+9, dan H+10. Adapun terpantau dari tren pemesanan tiket penerbangan, jumlah penumpang pesawat sudah mulai meningkat sejak 29 Juni 2016 atau H-9.

"Terkait dengan angkutan lebaran tersebut maka di Bandara Internasional Soekarno-Hatta diperkirakan maskapai juga akan melakukan penambahan hingga 200 extra flight di rute-rute padat," ujar Budi.

Menurut Budi, Terminal 3 Ultimate akan mulai beroperasi untuk melayani penumpang atau pemudik yang menggunakan maskapai Garuda Indonesia untuk penerbangan rute domestik dan internasional. Beroperasinya terminal baru ini akan mengurai kepadatan di terminal lainnya sehingga berujung pada peningkatan pelayanan kepada seluruh penumpang pesawat.

"Kami juga berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta guna memastikan berbagai pelayanan tetap terjaga di masa angkutan lebaran. Untuk angkutan transportasi darat, akan ada penambahan armada taksi dan bus serta penerapan sistem first in, first out atau FIFO guna memperlancar antrian taksi," kata Budi.

Tidak hanya itu, di Bandara Internasional Soekarno-Hatta juga telah beroperasi Customer Service Centre yang siap membantu seluruh penumpang maskapai nasional apabila mengalami kendala atau memiliki keluhan termasuk terkait delay, bagasi, dan lain sebagainya.