Selama Ramadhan Kegiatan Sekolah Tetap Jalan

:


Oleh MC Kabupaten Sinjai, Selasa, 7 Juni 2016 | 10:55 WIB - Redaktur: Tobari - 877


 

 

Sinjai, InfoPublik - Selama bulan suci Ramadhan, aktivitas belajar mengajar di Kabupaten Sinjai tetap dilaksanakan seperti biasanya selama tiga pekan, yang dimulai awal ramadhan tanggal 6 hingga 25 Juni mendatang. 

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sinjai Dra. Hj. Mas Ati saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (6/6), menegaskan kegiatan sekolah bagi peserta didik di Kabupaten Sinjai tetap berjalan selama bulan Ramadhan.

Hal ini berdasarkan surat edaran Bupati Sinjai Nomor 800/01.07.883/SET tentang penetapan jam pegawai dan mengacu pada jadwal kalender pendidikan tahun ajaran 2015/2016, sehingga ditetapan bahwa hari pertama puasa tidak libur atau tetap melakukan aktivitas sekolah seperti biasanya.

Pada bulan Ramadhan ini, kegiatan sekolah juga diisi dengan berbagai kegiatan keagamaan seperti pesantren Ramadhan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh sekolah selama sepekan dari tanggal 13 hingga 18 Juni 2016 mendatang.

"Bulan ramadhan tetap sekolah, proses belajar mengajar  memang berkurang selama Ramadhan, namun kegiatan itu diganti dengan memperbanyak kegiatan keagamaan atau pesantren Ramadhan bagi siswa muslim," katanya.

Mengenai pelaksanaannya secara teknis, kata Mas Ati, hal tersebut menjadi kewenangan satuan pendidikan masing-masing dalam   memberikan kesempatan pada pelajar agar lebih mendalami agama Islam  di bulan yang penuh berkah ini.

Namun ia menekankan kepada pihak sekolah agar metode yang diberikan dalam pesantren ramadhan tidak hanya menitikberatkan pada ceramah melainkan juga melalui kegiatan praktek sehingga karakter siswa akan terbentuk.

Ia juga mengungkapkan bahwa setelah belajar selama tiga pekan pada bulan suci Ramadhan, siswa akan diliburkan menyambut Idul Fitri pada tanggal 27 Juni 2016 dan akan masuk sekolah lagi pada tanggal 18 Juli 2016. (AaNd/Idha/toeb)