Kuota Mudik Gratis Tersisa Lima Ribuan, Kemenhub Ajak Warga Segera Mendaftar

:


Oleh Dian Thenniarti, Selasa, 7 Juni 2016 | 23:13 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 295


Jakarta, InfoPublik - Kementerian Perhubungan mengumumkan, hingga 6 Juni 2016 keseluruhan pendaftar mudik gratis untuk pengguna sepeda motor dengan moda kereta api adalah 10.116 sepeda motor dari total kuota sebanyak 15.834 sepeda motor atau baru terisi sebesar 64 persen dari total kuota.

Total kuota tersebut mengalami kenaikan sebesar 59,9 persen dibandingkan tahun 2015 yaitu sebesar 9.900 sepeda motor. Sementara moda bus, masih tersisa kuota sepeda motor sebanyak 5.528 dan penumpang sebanyak 13.053.

Kuota keseluruhan untuk moda bus adalah 12 ribu sepeda motor dan 24 ribu penumpang. Jumlah kuota sepeda motor yang diangkut bus tersebut mengalami kenaikan sebesar 275 persen dari tahun 2015 yaitu sebanyak 3.200 sepeda motor.

Oleh karena itu, Kementerian Perhubungan mengajak segenap masyarakat yang akan mudik untuk memanfaatkan program mudik gratis tersebut dengan melakukan pendaftaran secara online di mudikgratis.dephub.go.id.

Calon penumpang juga bisa mendatangi langsung booth pendaftaran di beberapa titik keramaian di Kota Jakarta dan sekitarnya seperti di Terminal Grogol, Blok M Square, Terminal Depok, Terminal Kalideres, dan Kebun Binatang Ragunan.

Sedangkan untuk arus baliknya, untuk tujuan Lintas Utara tersisa kuota 7 sepeda motor. Untuk tujuan Lintas Selatan I tersisa kuota 5 sepeda motor. Sedangkan tujuan Lintas Selatan II, tersisa kuota 1 sepeda motor.

Adapun arus balik tujuan Yogyakarta yaitu sisa kuota sepeda motor adalah 708 dan 1.664 penumpang; tujuan Solo sisa kuota sepeda motor adalah 472 dan 1.609 penumpang; dan Semarang sisa kuota sepeda motor adalah 693 dan 1.657 penumpang.

"Untuk moda bus, pendaftaran dibuka pada 13 Mei 2016 - 12 Juni 2016. Sedangkan untuk moda kereta api, pendaftaran telah dibuka dari 8 Maret 2016. Semula dijadwalkan pendaftaran akan ditutup pada 6 Juni 2016 tapi pendaftaran untuk moda kereta api diperpanjang sampai dengan tanggal 16 Juli 2016, " ujar Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan, Hemi Pamuraharjo.

Menurut Hemi, program mudik gratis pengguna sepeda motor dengan bus tahun ini melayani 9 kota tujuan arus mudik yaitu, Tegal, Kebumen, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Wonogiri, Wonosobo, Magelang, dan Semarang. Sedangkan untuk arus baliknya, terdapat 3 kota tujuan yaitu Yogyakarta, Solo, dan Semarang. 

Sementara penyelenggaraan mudik motor gratis dengan kereta api tahun ini menawarkan tiga lintasan tujuan yaitu, lintas utara dimana kereta api akan berhenti di Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Ngrombo, Stasiun Cepu, Stasiun Bojonegoro, Stasiun Babat, dan berakhir di Stasiun Surabaya Pasarturi.

Selanjutnya pada lintas selatan 1 dimana kereta api akan berhenti di Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Gombong, Stasiun Kebumen dan mengakhiri perjalanan di Stasiun Kutoarjo. Sedangkan lintas terakhir yaitu lintas selatan 2 dimana kereta api akan berhenti di Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, Stasiun Solojebres, Stasiun Madiun, Stasiun Kertosono, dan Stasiun Kediri.

Penyelenggaraan mudik gratis bagi pengguna sepeda motor ini bertujuan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas dan menekan angka kecelakaan di jalan selama masa penyelenggaraan Angkutan Lebaran 1437H/2016, sehingga keselamatan dan kenyamanan mudik lebaran dapat terlaksana dengan baik. 

Data dari Kepolisian Republik Indonesia menyatakan, jumlah kecelakaan yang melibatkan sepeda motor mengalami penurunan sebesar 22 persen dari 3.888 pada tahun 2014 menjadi 3.049 pada tahun 2015.