Pangdam Wirabuana Lakukan Kunjungan Kerja di Poso

:


Oleh MC Kabupaten Poso, Senin, 6 Juni 2016 | 11:47 WIB - Redaktur: Tobari - 667


Poso, InfoPublik – Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bakti mengemukakan bahwa Bumi Sintuwu Maroso Poso adalah bumi yang damai dan mempunyai sejarah panjang tentang masyarakatnya, yang plural dengan keragaman suku, budaya, dan istiadatnya.

“Keragaman tersebut adalah anugerah Tuhan yang harus kita cari persamaannya, sehingga kita tunjukkan kepada dunia bahwa Poso ini adalah daerah yang aman, damai, sentosa dan sejahtera,” katanya saat membuka kegiatan Operasi Teritorial TNI Tahun 2016, di Desa Tabalu Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso, Sabtu (4/6).

Pangdam juga menjelaskan tujuan kegiatan operasi teritorial TNI ada dua, yaitu pembangunan fisik dan mental. Pembangunan fisik dengan percetakan sawah baru, rehab rumah, jamban sehat dan lain-lain.

Sedangkan, kegiatan pembangunan mental dengan ceramah-ceramah wawasan kebangsaan dan pencerahan lainnya di bidang kesehatan, kesadaran hukum dan ketertiban masyarakat.

Sementara itu, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu dalam sambutannya menjelaskan bahwa keberadaan TNI tidak saja melaksanakan fungsi-fungsi pertahanan dan keamanan tetapi dalam proses pembangunan TNI, juga turut memberi partisipasi secara nyata bagi kesejahteraan masyarakat.

Karya bakti TNI melalui program kegiatan Satgaster TNI-AD “sintuwu maroso” merupakan bukti nyata bahwa peran TNI juga memberi kontribusi positif bagi percepatan pembangunan khususnya di wilayah pedesaan.

Menurut Bupati, upaya dan kerja keras yang dilakukan selama ini adalah untuk membangun kembali citra kabupaten Poso serta mengangkat harkat dan martabat masyarakat Kabupaten Poso, untuk bisa sejajar dengan masyarakat daerah lain.

Sehingga program dan prioritas untuk mempercepat pembangunan di bumi sintuwu maroso tercinta ini, menuju Kabupaten Poso yang cerdas (ceria, elok, rapih, damai, adil dan sejahtera), tercapai.

Dalam kegiatan pembukaan Opster TNI Angkatan Darat 2016 di Poso Pesisir diserahkan sembako gratis dengan dimeriahkan atraksi marawis dari kesatuan Marawis TNI, Tari Motaro-Taro dari Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Poso serta ceramah agama dari Ketua MUI Kabupaten Poso H. Arifin Tuamaka, S.Ag, MM. (Humas Poso/mc.Poso/ Rusman/toeb)