Bupati Sergai Ir. H. Soekirman: Tingkatkan Nilai Keagamaan

:


Oleh dishubkominfo kab serdang bedagai, Senin, 6 Juni 2016 | 09:33 WIB - Redaktur: Kusnadi - 422


Serdang Bedagai, InfoPublik - Pada tahun 2016 ini Indonesia memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), dimana tidak hanya membuka arus perdagangan barang atau jasa tetapi juga pasar tenaga kerja profesional, sehingga pada intinnya MEA akan lebih membuka peluang tenaga kerja asing untuk mengisi berbagai jabatan serta profesi di Indonesia yang tertutup atau minim tenaga asingnya.

Untuk itu dalam menghadapi MEA, kemampuan khususnya bagi masyarakat Serdang Bedagai (Sergai) harus terus ditingkatkan terutama pada kualitas nilai agama, moral dan pendidikan.

Demikian dikemukakan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam sambutannya pada acara peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1437 H yang digelar oleh jajaran Dinas Pendidikan (Diknas)  Sergai di halaman SMPN 1 Desa Liberia, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kamis (2/6) sore.

Lebih lanjut Bupati Soekirman mengatakan, sejalan dengan kebijakan tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai berkewajiban dan bertekad mengembangkan serta melestarikan nilai-nilai pendidikan dan agama, terutama dalam menghadapi era globalisasi.

Eksistensi nilai-nilai keagamaan perlu dipacu, diberi ruang dan terus ditingkatkan untuk meredam berbagai tantangan, tekanan maupun pengaruh negatif dari budaya asing yang berpotensi mengikis budaya masyarakat Sergai. Untuk itu Bupati Soekirman mengajak seluruh masyarakat agar selalu waspada dan tetap memegang teguh nilai-nilai agama dan Pancasila sehingga Kabupaten Sergai menjadi yang terbaik di Indonesia.

“Melalui acara peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW ini sudah sepatutnya dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin dalam meningkatkan nila-nilai keagamaan untuk  memacu semangat pendidikan yang berkarakter menuju masyarakat yang unggul secara pribadi dan dapat bertanggung jaawab secara ahlak dan bernilai agama,” kata Bupati Soekirman.

Hadir juga Wakil Bupati (Wabup) Sergai Darma Wijaya, Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua MUI Sergai H. Lukman Yahya, mewakili Kapolres Sergai, Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik, MM, dan jajarannya, Muspika Kecamatan, KCD, Kepala Sekolah dan ribuan tenaga pendidik.

Sementara itu Ketua MUI Sergai H. Lukman Yahya mengutarakan bahwa manusia itu harus bermanfaat bagi orang lain. Seperti halnya bermanfaat bagi lingkungan dan alam semesta. Dengan begitu kita dapat membantu orang lain baik dalam sisi keselamatannya dan kenyamanannya untuk tinggal dilingkungan yang sama dengan masyarakat atau lainnya.

Sebelumnya Kadis Pendidikan Sergai Drs. Joni Walker Manik, MM dalam laporannya mengatakan kegiatan ini diikuti lebih kurang 1000 orang.  Selain itu dengan peringatan ini pengetahuan agama dapat bertambah dan kita dapat mengamalkan dengan sebaik-baiknya sehingga tercipta aparatur negara yang berakhlak mulia, jujur dan bermartabat sehingga terwujud pembangunan yang berkelanjutan.

Sedangkan Ustadz Khairul Akmal Rangkuti dalam siraman rohaninya mengatakan bahwa sebagai hamba Allah SWT yang bertaqwa sudah sepantasnya kita meningkatkan keimanan kepada-Nya,  karena orang yang bertaqwa akan meraih kebaikan dunia dan akhirat kelak. Seperti halnya juga Nabi Muhammad SAW yang merupakan panutan bagi kita semua.

“Marilah kita contoh keteladanan Nabi dalam berperilaku serta kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Ustadz Khairul Akmal.(Mc Serdang Bedai/Febri/Kus)