Diskominfo Juga Punya Peran Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

:


Oleh MC Kalimantan Timur, Jumat, 3 Juni 2016 | 06:49 WIB - Redaktur: Tobari - 396


Pangkal Pinang, InfoPublik - Kunjungan kerja jajaran Diskominfo Kaltim, bersama Instansi yang membidangi Kominfo Kabupaten/Kota se Kaltim, ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendapat informasi penting berkaitan peran bidang kominfo dalam pembangunan daerah.

Diskominfo ternyata juga punya peran mendukung pertumbuhan ekonomi dengan tugasnya menyebarluaskan informasi.

"Patut diapresiasi keberhasilan pembangunan ditandai pertumbuhan ekonomi di Kepulauan Bangka Belitung. Itu tentunya tidak lepas peran Diskominfo sebagai corong pemda menyebarluaskan informasi," kata Kepala Diskominfo Kaltim Abdullah Sani saat memimpin rombongan kunjungan kerja, di Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, di Pangkal Pinang , Kamis (2/6).

Menurut Sani, peran Diskominfo salah satunya membantu mensosialisasikan sektor pariwisata di Bangka Belitung  agar semakin dikenal secara luas. Mengingat sektor pariwisata menjadi andalan penggerak perekonomian di Bangka Belitung.

"Sekalipun didominasi pariwisata, tentu ada peran sosialisasi yang dilakukan Diskominfo. Keberhasilan ini yang diharap ditiru di Kaltim memaksimalkan peran sosialisasi program kebijakan pemerintah dan pemda. Termasuk promosi potensi daerah seperti pariwisata dan investasi," katanya.

Selain itu, Sani juga berharap kabupaten/kota yang masih belum membentuk Diskominfo segera meniru keberhasilan Bangka Belitung yang sejak awal pembentukannya tidak menggabungkan urusan kominfo dengan urusan lain. Setidaknya sepulang kunjungan kerja bisa menjadi bahan masukan bagi bupati/walikota untuk segera membentuk instansi khusus membidangi kominfo.

Kunjungan sendiri disambut Staf Ahli Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Bidang Ekonomi dan Pembangunan Cholil, didamping Kepala Diskominfo Kepulauan Bangka Belitung Noviar Ishak.

Setelah pertemuan, rombongan dari Kaltim diajak melihat daerah tujuan wisata yang ada, di antaranya tempat pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta, di Pesanggrahan Menumbing, Muntok, Kabupaten Bangka Barat. Rombongan disambut hangat dengan tarian selamat datang dan memakan sirih.(diskominfo kaltim/arf/toeb)