Duta Besar AC3 Bahas Isu ASEAN di Bitung

:


Oleh MC Kota Bitung, Kamis, 2 Juni 2016 | 17:34 WIB - Redaktur: Tobari - 487


Bitung, InfoPublik – Walikota Bitung Max Lomban dan Wakil Walikota Bitung Maurits Mantiri menerima kunjungan kerja duta besar ASEAN Connectivity Coordinating Committee (AC3) yang dipimpin Duta Besar Indonesia untuk AC3, Ahmad Pramono, di Ruang Sidang lantai IV Kantor Walikota Bitung, Selasa (31/5).

Lomban mengatakan, kedatangan para duta besar AC3 dalam rangka membahas isu ASEAN, khususnya pembentukan dokumen ASEAN Connectivity tahun 2025, dimana Kota Bitung masuk dalam proses penyusunan dokumen tersebut.

“Kedatangan mereka untuk melihat langsung keberadaan Kota Bitung sejak ditetapkan pemerintah pusat menjadi prioritas pembangunan nasional khususnya di kawasan Indonesia Timur,” ujar Lomban.

Lomban memberikan gambaran umum keberadaan Kota Bitung terkait dengan ditetapkannya Kota Bitung sebagai Kawasan Ekonomi Khusus oleh pemerintah pusat dibarengi tiga mega proyek lainnya, yakni pengembangan International Hub Port, pembangunan jalan tol, dan pembangunan jalur kereta api Manado - Bitung.

Ia berharap setelah melihat dan memperoleh informasi tentang Kota Bitung dapat dijadikan bahan evaluasi para duta besar AC3 menyampaikan informasi kepada para investor di negaranya masing-masing untuk berinvestasi di Kota Bitung.

“Sehingga kedepannya akan mampu membuka peluang kerja sama dalam berbagai bidang antara pemerintah Kota Bitung dengan berbagai negara anggota ASEAN,” katanya.

Adapun para duta besar yang datang berasal dari beberapa negara ASEAN yakni Vietnam, Thailand, Filipina, Singapore, Myanmar, dan Malasyia.(MC-Kota Bitung/Hrl/toeb)