Program Lingkungan Pemkot Bekasi Butuh Dukungan Elemen Masyarakat

:


Oleh MC Kota Bekasi, Selasa, 31 Mei 2016 | 11:50 WIB - Redaktur: Tobari - 390


Bekasi, InfoPublik - Kota Bekasi telah memprogramkan kegiatan bidang lingkungan, sebab sudah menjadi harapan semua pihak terutama masyarakat agar kota Bekasi lebih bersih, indah dan nyaman untuk ditinggali.

Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bekasi Sopandi Budiman menyampaikan berbagai upaya terus dilakukan Pemkot Bekasi mendukung kelestarian lingkungan.

Untuk itu, Pemkot Bekasi membuat program 1.000 taman, sejuta biopori, penghijauan, pengelolaan sampah dan pelaksanaan hari bebas kendaraan bermotor atau car free day. Dan untuk mensukseskan program-program itu, perlu dukungan semua pihak untuk menjaga dan memelihara lingkungan.

"Sinergitas pengelolaan lingkungan perlu dibangun oleh semua pihak. Memperbanyak penanaman pohon untuk mereduksi polusi udara di Kota Bekasi," kata Supandi Budiman di Bekasi, Senin (30/5).

Ia melanjutkan pihaknya juga membuat ruang terbuka hijau (RTH) melalui penambahan taman dan penanaman pohon. "Rencananya juga bakal dibangun taman lalu lintas di alun-alun kota Bekasi menjadi sarana ruang publik bagi masyarakat. Kita rencanakan buat di tahun ini," harapnya dia. 

Sekarang ini RTH di Kota Bekasi baru mencapai 15% dari total luas wilayah 210 km2. Sekitar 15%tersebut terdiri dari 11% disediakan RTH privat/pribadi dan 4% dari RTH publik.

Target minimalnya sesuai UU No 26 tahun 2007 tentang penataan ruang, mensyaratkan RTH pada wilayah Kota minimal 30 persen terpenuhi.

"Program 1.000 taman juga dapat menambah cakupan RTH di Kota Bekasi. Ada 2,4 juta penduduk jiwa dengan banyak etnis. Menjaga kelestarian lingkungan juga untuk anak cucu kita," kata Kepala BPLH Sopandi Budiman. (goeng/toeb)