Pansel Enggan Beberkan Nilai Calon Sekdaprov

:


Oleh Prov. Riau, Senin, 30 Mei 2016 | 17:37 WIB - Redaktur: Tobari - 306


Pekanbaru, InfoPublik - Panitia Seleksi (Pansel) sudah mengumumkan tiga nama calon Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov), yakni Ahmad Hijazi SE MSi (Sekretaris Bappeda Riau), Masperi MSi (Asisten II Setdaprov Riau), serta M Syukri Harto SE MSI (mantan Sekdako Pekanbaru).

Pansel Sekdaprov yang dipimpin Prof Dr Mukhtar Achmad menyebutkan, penilaian masing-masing calon Sekdaprov sangat objektif. Tidak ada karena pesanan atau memihak calon tertentu.

"Penilaian yang kami lakukan sangat objektif, tidak ada istilah mengunggulkan satu calon. Penilaian berdasarkan kemampuan individu calon saat mengikuti tahapan tes," kata Mukhtar, di ruang rapat Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKP2D) Riau, Senin (30/5).

Beberapa penilaian yang diberikan antara lain, administrasi sebesar 20%, penilaian pada tahap kedua atau tes kompetensi manajerial sebesar 30%, serta tes kompetensi bidang terdiri dari wawancara dan persentase makalah sebesar 50%.

Sayangnya, saat ditanya kepada Pansel berapa nilai masing-masing peserta serta dimana kekurangan empat calon lainnya yang telah dinyatakan gugur. Pansel menolak memberikan keterangan dengan alasan sudah terlalu tekhnis dan menyangkut privasi mereka.

"Untuk nilai masing-masing tak layak disampaikan. Ini menyangkut privasi mereka," ujar Mukhtar.

Sementara Pansel lainnya M Yafiz menyebutkan, beberapa penilaian selama tahapan seleksi berlangsung, beberapa poin seperti penguasaan materi, sikap, cara berpakaian termasuk grogikah para calon saat menghadapi Pansel saat menyampaikan persentase dan wawancara juga menjadi perhatian.

Kemudian, ada juga saat yang penyampaian makalah harus ada kesesuaian antara isi dan judul yang diberikan Pansel. Yakni, reformasi dan birokrasi serta visi riau 2020. (MC Riau/mtr/toeb)