Bupati Cianjur Resmikan Rumah Sakit Umum Daerah Pagelaran

:


Oleh MC Kabupaten Cianjur, Jumat, 27 Mei 2016 | 16:23 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Cianjur, InfoPublik - Bupati Cianjur H. Irvan Rivano Muchtar meresmikan Gedung Rumah Sakit Pagelaran di Jl. Pagelaran No. 18 Kec. Pagelaran Kabupaten Cianjur, Rabu (26/5). Rumah Sakit Umum Pagelaran ini berdiri atas dasar kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan tingkat lanjut.

Hadir dalam acara tersebut Forum Pimpinan Daerah Kabupaten Cianjur, Asisten Bupati Cianjur, Para Kepala OPD terkait, Para Camat, Kepala Desa Ketua TP PKK Kab. Cianjur para tokoh dan warga Pagelaran serta undangan lainnya.

Bupati dalam sambutannya mengatakan bahwa rumah sakit umum ini berdiri atas dasar kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan tingkat lanjut. Selain itu juga atas dasar kondisi Cianjur Selatan dengan wilayah yang luas, bentuk geografis pegunungan, jumlah masyarakat semakin meningkat, serta sosial ekonomi yang belum berimbang.

Kondisi tersebut membutuhkan layanan kesehatan dasar maupun layanan kesehatan lanjutan untuk memfasilitasi pelayanan ke gawat-daruratan rujukan, yang memerlukan tindakan medis spesialistik. Sehingga dapat menjangkau dan terjangkau oleh masyarkat Cianjur Selatan. 

Rumah Sakit Umum Daerah Pagelaran mempunyai visi menjadi pusat rujukan yang aman dan memberikan pelayanan yang prima untuk kepuasan pelanggan.

Hal ini diwujudkan dengan menciptakan rumah sakit dengan pelayanan tanpa kelas yaitu rumah sakit yang dapat “menjangkau” yang berarti mendekatkan fasilitas kesehatan lengkap kepada masyarakat dan terjangkau.

“Ini, berarti pelayanan kesehatan dapat dinikmati oleh semua kalangan tanpa membedakan kualitas pelayanan. Demi terciptanya masyarakat Cianjur Sehat, Merata dan Berkualitas,” kata Bupati.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga meninjau langsung kawasan rumah sakit yang didesain unik. Ruang rawat inap pasien menggunakan nama dari nana-nama tempat wisata dan produk khas Cianjur seperti ruang lampu gentur, ruang pandan wangi, dan ruang Cikundul.

Selain itu pada dinding ruang kamarnya dihiasi pemandangan dengan harapan pasien bisa menikmati suasana lain. Bupati juga berdialog dengan beberapa pasien yang sudah dirawat disana, sambil memberikan bantuan dana bagi pasien tersebut. 

Sementara itu ketua panitia pelaksana dr. Hj. Efa Fatimah, MH, M.Kes dalam laporannya mengucapkan terima kasihnya kepada Bupati sebelumnya, yaitu H. Tjetjep Muchtar Soleh beserta jajarannya, karena sudah mempersiapkan Rumah Sakit ini dengan luas 12 Ha, kapasitas 350 tempat tidur dan jenis pelayanan spesialistik lengkap beserta pelayanan penunjang.

Gedung Rumah Sakit yang sekarang diresmikan merupakan bangunan tahap awal yang akan menampung 100 tempat tidur, jenis pelayanan IGD 24 jam, pelayanan spesialis umum dan spesialis penunjang.

Dengan harapan dapat mempasilitasi pelayanan kesehatan dan dapat menampung rujukan dari puskesmas di wilayah Cianjur selatan. (adam–Dadan/Tim MC Kab.Cianjur/toeb)