Pemkab Sergai Tingkatkan Pelayanan Di RSUD Sultan Sulaiman

:


Oleh dishubkominfo kab serdang bedagai, Jumat, 27 Mei 2016 | 11:44 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 513


Serdang Bedagai, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) berupaya memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Berbagai perbaikan sarana dan prasarana akan  dilakukan, agar agar rakyat sehat dan sejahtera segera diwujudkan. 

Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman secara tegas meminta kepada Direktur RSUD Sultan Sulaiman dr.Helmi Nur Sinaga untuk segera melakukan analisis jabatan dijajarannya.Analisis ini dibantu oleh pejabat Otda (Otonomi daerah), inspektorat dan staf ahli. Hal ini disampaikan bupati melalui Asisten II Drs Hadi Winarno MSi saat memimpin apel pagi, Kamis, (26/5).

“Analisis ini penting dilakukan untuk mengetahui seberapa banyak sebenarnya kebutuhan pegawai oleh RSU Sultan Sulaiman. Jangan pula lebih banyak jumlah pegawai daripada jumlah pasien yang berobat di RSU kita cintai ini. Direktur diharapkan dapat menyelesaikan tahap pertama evaluasi terhadap tim medis. Evaluasi ini paling lambat sudah dapat diketahui hasilnya pada akhir Juni 2016.” ujar Hadi Winarno.

Secara khusus kepada tim medis, sambung Hadi, diharapkan dapat membuat uraian tugas masing-masing, ini akan dievaluasi setiap bulannya, apa sebenarnya tugas daripada tim medis dan bagaimana tingkat kehadirannya setiap harinya. “Kita juga tidak menutup mata permasalahan apa yang dihadapi,

Jangan tutupi masalah yang ada. Sebab, jika memang alat dan obat masih mengalami kekurangan maka segeralah laporkan untuk dipenuhi kebutuhan tim medis,” ujarnya.  

Ia mengajak jajaran RSUD Sultan Sulaiman meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, sehingga kedepan tidak ada lagi masyarakat yang merupakan pasien di RSUD ini maupun di puskesmas yang mengeluhkan kinerja tim medis. Di Puskesmas lanjut Hadi, tim medis menurut laporan masyarakat, masih banyak yang jarang hadir sehingga menimbulkan keluhan bagi pasien yang ingin berobat.

“Akhir Juni ini, evaluasi jabatan harus selesai begitu  juga uraian daripada tugas semua tim medis. Jika tenaga tim medis berlebih, maka akan dilakukan mutasi ke Puskesmas. Untuk menunjang kelancaran daripada tugas yang diemban oleh seluruh pegawai khususnya tim medis, kesejahteraan pegawai juga harus diperhatikan. Berikan kesejahteraan sesuai dengan tugas yang diemban,” terang Hadi.

Usai melaksanakan apel, Asisten II Drs Hadi Winarno melaksanakan rapat dengan dokter dan tenaga medis untuk menyampaikan masukan guna mewujudkan pelayanan yang diharapkan. Selanjutnya, ia bersama rombongan meninjau setiap ruangan yang ada di RSUD Sultan Sulaiman dan berbincang dengan dokter.“Ini sesuai dengan arahan bupati dan hasil LKPJ APBD 2016 DPRD Sergai,”ujarnya

Apa yang kita lakukan merupakan Bak gayung bersambut, Direktur RSUD Sultan Sulaiman dr.Helmi Nur Sinaga menyahutinya dengan serius, dengan tegas ia mengatakan akan melaksanakan evaluasi terhadap tim medis sesegera mungkin. Dan kepada seluruh pegawai diminta untuk terus meningkatkan kinerjanya dan disiplin. Dalam kesempatan itu,

ia juga menjelaskan kendati kondisinya demikian, RSUD Sultan Sulaiman telah memiliki pelayanan spesialis dasar sesuai type,yakni dokter spesialis anak, bedah,penyakit dalam,,dan Obgyn. Penunjangnya, sambung Helmi, spesialis paru,kardiologi,mata,THT,kelamin dan akan diadakan spesialis rekam medik dan jiwa, ungkapnya.

“Mudah mudahan RSUD Sultan Sulaiman bisa melayani masyarakat yang membutuhan layanan kesehatan dengan tenaga medis yang memadai. Perlu di ingat, bahwa pelayanan kesehatan masyarakat harus dilakukan secara terstruktur dan berjenjang yang sesuaikan dengan penyakit yang diderita,” ujarnya(Anwar) (Mc Serdang Bedagai/Febri/Eyv)