Kecamatan Belakangpadang Juara Umum Lomba Cipta Menu dan Gemarikan

:


Oleh MC Kota Batam, Kamis, 26 Mei 2016 | 13:27 WIB - Redaktur: Kusnadi - 562


Batam, InfoPublik – Ibu-ibu PKK dari 12 kecamatan di Kota Batam bertanding menyajikan masakan dalam Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Berimbang, Aman dan Halal (3BAH) dan lomba Masak Serba Ikan tingkat kota Batam tahun 2016. Lomba ini dilaksanakan di halaman Dataran Engku Putri Batam Centre, Rabu (25/5).

Pada lomba tersebut perwakilan Kecamatan Belakangpadang berhasil menjadi juara umum, setelah meraih juara I kategori Gemarikan Menu Balita, juara II kategori Gemarikan Menu Keluarga, dan juara III kategori Gemarikan menu Kudapan.

Sementara juara favorit adalah peserta dari Kecamatan Batuaji, yang meraih juara I kategori Cipta Menu 3 BAH, juara III kategori Gemarikan Menu Balita, harapan III kategori Gemarikan Menu Keluarga, dan harapan III kategori Gemarikanmenu Kudapan.

Adapun pemenang Lomba kategori Cipta Menu 3 BAH yaitu Kecamatan Lubukbaja untuk Harapan III, Kecamatan Sekupang juara Harapan II, Kecamatan Bulang di Harapan I. Kemudian Juara III Kecamatan Galang, Juara II Kecamatan Nongsa, dan Juara I dari Kecamatan Batuaji.

Lomba Gemarikan Menu Kudapan para pemenangnya yaitu juara Harapan III Kecamatan Batuaji, Harapan II Kecamatan Sagulung, Harapan I Kecamatan Bengkong, Juara III Kecamatan Belakangpadang, Juara II Kecamatan Lubukbaja dan Juara I Kecamatan Batuampar. 

Kategori Gemarikan Menu Balita pemenangnya adalah Harapan III Kecamatan Galang, Harapan II Kecamatan Batuampar, Harapan I Kecamatan Batam Kota, Juara III Kecamatan Batuaji, Juara II Kecamatan Lubukbaja, dan Juara I Kecamatan Belakangpadang.

Dan pemenang kategori Gemarikan Menu Keluarga adalah harapan III Kecamatan Batuaji, harapan II Kecamatan Nongsa, harapan I Kecamatan Batu Ampar, juara III Kecamatan Lubukbaja, juara II Kecamatan Belakangpadang, dan juara I  Kecamatan Batam Kota.

Lomba ini diadakan oleh Tim Penggerak PKK Kota Batam bekerjasama dengan Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Kehutanan (KP2K) Kota Batam.

Ketua pelaksana, Umiyati mengatakan, lomba ini diikuti 24 peserta dari 12 kecamatan. Tiap kecamatan mengirimkan dua peserta untuk dua jenis lomba.

Ketua TP PKK Kota Batam, Marlin Agustina Rudi mengatakan, Kota Batam memiliki pangan pokok lokal yaitu ikan. Sehingga masyarakat tentu sudah terbiasa mengkonsumsi makanan laut ini. Namun perlu dilakukan peragaman jenis olahan masakan agar tidak bosan.

"Bagaimana cara kita mengolah makanan dari bahan pokok ikan agar gizi yang terkandung pada ikan tidak hilang, merupakan salah satu tujuan digelarnya lomba Gemarikan ini. Selain itu ikan juga diharapkan akan menjadi menu sehat bagi keluarga. Dengan gemar makan ikan akan mengurangi angka kematian," kata Marlin.

Ia menjelaskan, dengan mengkonsumsi ikan, maka akan terhindar dari penyakit kolestrol dan penyakit jantung. Untuk itu ibu-ibu diharapkan mampu untuk mengkreasikan dan mengembangkan olahan ikan sesuai keinginan.

"Memasak tidak perlu mahal, cukup yang murah meriah tapi bergizi," tuturnya.

Lebih lanjut Marlin mengajak para ibu agar bisa mengolah ikan menjadi aneka menu masakan serta mempromosikan gemar makan ikan pada masyarakat luas.

Lomba ini dihadiri perwakilan dari Kementerian Pertanian Badan Ketahanan Pangan Pusat,  Tiur Sinaga, Kementerian Perikanan Direktorat Akses Pasar dan Promosi, Gilang, Ketua  Adhyaksa Dharmakarini, Ririn Destiani dan Perwakilan Jalasenastri Lanal Batam Setiayuniati, Camat se Batam, Lurah se-Batam, TP PKK kota Batam, TP PKK kecamatan se Batam danTP PKK kelurahan se-Batam. (MC Batam Tika/Kus)