Organisasi Kemasyarakatan Berperan Penting Dalam Pembangunan

:


Oleh MC Kabupaten Pacitan, Kamis, 26 Mei 2016 | 10:33 WIB - Redaktur: Kusnadi - 916


Pacitan, InfoPublik – Di era demokratisasi seperti saat ini keberadaan lembaga kemasyarakatan sangatlah penting. Yakni, sebagai penyeimbang serta perantara nilai dan kepentingan masyarakat.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Yudi Sumbogo, membacakan sambutan Bupati Pacitan dalam acara Pembinaan Organisasi kemasyarakatan, Rabu (25/5). Menurutnya, melalui lembaga kemasyarakatan, rakyat dapat menyampaikan aspirasinya. Muaranya, akan tercipta kebijakan publik yang terbuka dan demokratis.

"Masyarakat yang ingin berpolitik terwakili oleh partai politik, masyarakat ekonomi oleh dunia usaha. Sedangkan kepentingan masyarakat terwakili keberadaan LSM," katanya

Lebih lanjut Yudi Sumbogo mengatakan, organisasi kemasyarakatan (Ormas)  merupakan wadah penting bagi aspirasi masyarakat dalam pembangunan. Untuk itu, dalam rangka mengembangkan dan memberdayakan ormas perlu dilakukan pembinaan guna merangsang partisipasi dan keswadayaan.

Kepada semua organisasi kemasyarakatan di Pacitan, Wabup minta agar organisasi yang bekerjasama dengan pihak ketiga mengikuti aturan dan perundang undangan yang berlaku. Bekerja untuk kepentingan masyarakat serta selaras dengan kebijakan pembangunan nasional.

Pemerintah daerah juga mengapresiasi serta memberikan penghargaan yang setinggi tingginya kepada organisasi kemasyarakatan yang telah turut serta membangun pacitan. Termasuk, membangun harmoni kehidupan sehingga Pacitan selalu kondusif. Kedepan Wabup berharap organisasi kemasyarakatan di Pacitan lebih tertata dengan baik.(ADt/Riz/Kus)