BPPKB Kabupaten Bogor Berikan Pelatihan

:


Oleh MC Kabupaten Bogor, Kamis, 26 Mei 2016 | 09:17 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 535


Megamendung, InfoPublik - Dalam rangka meningkatkan capacity building setiap individu yang tergabung dalam organisasi perempuan untuk mampu berperan dalam peningkatan bidang pendidikan, hukum, ekonomi dan pemberdayaan masyarakat Kabupaten Bogor serta menjalin koordinasi dan melakukan sinergritas antara organisasi perempuan.

Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) mengadakan pelatihan pemberdayaan perempuan yang bertempat di Ruang Rapat Hotel Indrajaya, Megamendung pada Rabu, (25/5).

Menurut Kepala BPPKB Kabupaten Bogor, Emmy Pernawati, mengatakan, pengembangan organisasi perempuan sesungguhnya lebih kompleks,karena selain di tuntut untuk tanggap terhadap dinamika sosial budaya setempat serta harus berusaha meningkatkan daya juangnya dalam mencerdaskan masyarakat akan pentingnya kesetaraan hak, kesempatan dan peluang yang sama antara kaum perempuan dan laki-laki dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Organisasi perempuan selain merupakan sasaran utama program pengarustamaan gender, juga memegang peran penting sebagai motivator masyarakat dalam meraih kemajuan, kesejahteraan dan peningkatan kualitas kehidupan," ungkapnya.

Ditambahkan, penduduk perempuan Indonesia saat ini berjumlah hampir sama dengan penduduk laki-laki namun kualitas hidup perempuan dalam berbagai bidang pembangunan masih perlu di tingkatkan, karena tidak mudah dalam mewujudkan perempuan berkualitas dengan standar hidup yang tinggi, karena berkaitan langsung dengan kondisi sosial budaya setempat.

"Pemerintah memiliki komitmen untuk lebih memberdayakan perempuan melalui program peningkatan kualitas hidup perempuan dalam pembangunan Nasional," katanya.

Ia juga berharap pelatihan ini mampu memberikan pemahaman dan keterampilan teknis yang lebih mendalam bagi para peserta mengenai berbagai aspek pengembangan organisasi serta relevansinya dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Bogor sebagai bekal dalam mengoptimalkan kinerja organisasi perempuan yang ada di Kabupaten Bogor.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan BPPKB Kabupaten Bogor, Sinta Damayanti melaporkan peserta berjumlah 75 orang berasal dari pengurus forum pos KB Kecamatan dan unsur organisasi perempuan di Kabupaten Bogor dan juga narasumber yaitu Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Ade Munawaroh, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Diskominfo, Kabag Yansos Setda Kabupaten Bogor, Bappeda Kabupaten Bogor dan PSGA UIN Jakarta. (Andi/Eyv/Diskominfo Kab Bogor)