Bakamla dan CCG Kerja Sama Hukum di Laut

:


Oleh Yudi Rahmat, Kamis, 26 Mei 2016 | 09:05 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 777


Jakarta, InfoPublik - Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI dan China Coast Guard, akan meningkatkan kerja sama yang terkait dengan penegakan hukum di laut.

Peningkatan kerja sama itu terungkap dalam pertemuan Deputy Director General China Coast Guard, Chen Yide, dengan Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Ka Bakamla RI) Laksdya TNI Ari Soedewo di Kantor Pusat Bakamla, Jalan Dr Sutomo, Jakarta Pusat, Rabu (25/5).

Dalam kunjungan tersebut Ka Bakamla Ari Soedewo dan Deputy Director General China Coast Guard, Chen Yide membahas sejumlah poin-poin penting yang disampaikan oleh China Coast Guard.

Antara lain terkait konsep MoU sebagai bentuk kerja sama ke depannya, rencana pembangunan jalur komunikasi khusus untuk badan-badan penegak hukum di  laut sebagai bentuk integrasi komunikasi terkoordinasi, dan kunjungan masing-masing instansi antar dua negara tersebut.

“Sebagai bentuk rencana kerja sama ini, China Coast Guard akan mengundang petinggi-petinggi Indonesia untuk melakukan kunjungan ke Tiongkok,” ujar Chen Yide.

Kabakamla RI mengapresiasi rencana kerja sama yang akan dibangun antara kedua instansi yang memiliki fungsi sebagai penegak hukum di laut. Hal ini dikatakan Kepala Bakamla RI pada saat melaksanakan pertemuan.

“Bakamla RI tentunya menerima dengan baik rencana kerja sama yang ditawarkan oleh China Coast Guard, namun hal ini perlu dirapatkan secara internal terlebih dahulu dan diketahui oleh Menteri Luar Negeri serta Menko Polhukam. Kerja sama yang memungkinkan akan kita laksanakan di masa mendatang,” ujar Kepala Bakamla RI.

Pada pertemuan tersebut, pihak Tiongkok berharap dapat meneruskan kerja sama multilateral dengan Indonesia di bawah kerangka Forum Regional ASEAN dan Heads of Asian Coast Guard Agencies Meeting atau HACGAM.