Forum Petani Kakao Satukan Petani dan Pedagang

:


Oleh MC Kab Agam, Rabu, 25 Mei 2016 | 20:06 WIB - Redaktur: Tobari - 367


Agam, InfoPublik - Ketua Forum Petani Kakao Provinsi Sumatera Barat Ishak Manti, memberikan arahan kepada anggota Forum Petani Kakao Kabupaten Agam, di aula Dispertahornak setempat, Selasa (24/5). 

Ketua Forum Petani Kakao Sumbar Ishak Manti mengatakan, forum ini gunanya sebagai wadah untuk menyatukan antara petani dengan pedagang kakao, baik di dalam maupun diluar negeri. Selain itu forum ini juga sebagai jembatan antara petani dengan para produsen kakao yang ada di Indonesia. 

"Hal itu agar harga kakao mampu bersaing di pasaran sesuai dengan kualitas kakao itu sendiri," kata Ishak. 

Menurut Ishak, dulu di Agam kakao sangat terkenal dengan produsen terbesar di Sumbar. Namun saat ini Agam semakin menurun produksi kakaonya dibandingkan dengan daerah lain yang ada di Sumbar. 

Untuk itu, dengan hadirnya forum ini di Agam, maka diharapkan produksi kakao Agam kembali bangkit, sehingga mampu kembali menjadi yang terdepan dan terbaik di dalam memproduksi kakao di Sumbar. 

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Agam Yulnasri, mengharapkan dengan adanya forum ini, untuk tiga tahun kedepan Agam kembali menjadi nomor satu sebagai penghasil kakao di Sumbar. 

"Forum ini sebagai wadah bagi petani kakao di Agam, dengan keberadaan forum petani bisa melakukan pemeliharaan kakao sesuai dengan standar yang berlaku di dalam perkebunan," ujar Yulnasri. 

Yulnasri mengungkapkan bagaimana petani kakao kembali sejahtera. Saat ini berbagai investor sudah mulai melirik ke Indonesia. Untuk itu dipastikan komoditi kakao untuk masa akan datang lebih meningkat lagi. (mc agam/toeb)