Dishutbun Gelar Pemberdayaan Dan Penguatan Kelembagaan Poktan

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Selasa, 24 Mei 2016 | 17:16 WIB - Redaktur: Tobari - 435


Sumenep, InfoPublik -  Dengan kegiatan pemberdayaan dan penguatan kelembagaan bagi para kelompok tani tembakau di Kabupaten Sumenep, diharapkan para petani tembakau khususnya bisa lebih paham bagaimana bertani tembakau yang baik hingga mampu meningkatkan kualitas tembakau.

Hal tersebut ditegaskan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep  Drs. Hadi Soetarto, M.Si saat mewakili Bupati Sumenep Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si pada acara Pemberdayaan dan Penguatan Kelembagaan Kelompok Petani Tembakau Fasilitasi Tahun 2016 di Hotel Utami, Sumenep, Selasa (24/5).

“Sebab, jika dilihat dari tahun ke tahun kualitas tembakau di Sumenep sudah bagus dan berkualitas, karena itu nantinya diharapkan ada nilai tawar yang lebih tinggi,” ungkapnya.

Diakui Sekdakab Sumenep ini, jika nilai tawar tembakau akan tinggi maka ada kemitraan yang baik dengan pihak pabrikan. Sehingga jika sudah melakukan kemitraan dengan pabrikan harga tembakau akan tinggi. Dan itu harus terus didorong utamanya oleh Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Sumenep.

“Jadi, yang perlu menjadi perhatian bagi petani, yakni yang utama adalah akses pemasaran, kedua pemberdayaan dan ketiga nilai tawar,“ katanya.

Sementara Kepala Dishutbun Kabupaten Sumenep Herman Poernomo menjelaskan peserta pembinaan dan penguatan kelembagaan bagi kelompok tani tembakau diikuti sebanyak 450 peserta dan terbagi dalam 3 tahap, yakni setiap hari pesertanya 150 orang yang akan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 24-26 Mei 2016.

“Sebagaimana yang kita harapkan bersama melalui kegiatan tersebut petani diharapkan mampu bercocok tanam dengan baik sehingga kedepan mutunya akan semakin baik,” katanya. ( Ren/Fer/toeb )