192 Aparatur Pemerintahan Desa se Kota Tidore Kepulauan Ikut Bimtek

:


Oleh mctidore, Selasa, 24 Mei 2016 | 08:48 WIB - Redaktur: Tobari - 398


Tidore, InfoPublik - Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Senin, SE melepas dengan resmi peserta bimbingan teknis peningkatan kapasitas aparatur Pemerintah Desa, di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota Tidore Kepulauan, Jum’at (20/5).

Sebanyak 192 orang aparatur Pemerintahan Desa se Kota Tidore Kepulauan yang terdiri dari Kepala Desa, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Sekretaris Desa dan bendarahara Desa akan mengikuti Bimtek peningkatan kapasitas aparatur Pemerintahan Desa tahun 2016 yang dilaksanakan di Malang dan Jakarta.

Bimtek ini diselenggarakan atas kerjasama Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan dengan Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dan Balai Besar PMD Malang Kementeran Dalam Negeri

Wakil Walikota dalam sambutannya menyampaikan Menteri Dalam Negeri, Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi serta Menteri Keuangan, telah menerbitkan Peraturan Menteri terkait dengan Pedoman Teknis pelaksanaan peraturan pemerintah turunan dari Undang-Undang Desa.

Peraturan perundang-undangan terbaru tersebut tentunya harus dipahami dan dipedomani, namun pada kenyataannya aparatur pemerintahan desa yang merupakan ujung tombak penyelenggaraan pelayanan pemerintahan di tingkat  desa    belum    sepenuhnya memahami substansinya, apalagi disebut siap dengan sistem dan ketentuan yang berlaku dalam regulasi tersebut.

Untuk itu, kata Muhammad Senin, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan mempunyai komitmen yang kuat untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia bagi aparatur pemerintahan desa, sehingga berbagai permasalahan dan tantangan yang ada di desa dapat dihadapi dan diperoleh solusi terbaik untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa.

Terutama menyelesaikan permasalahan dan tantangan yang berkaitan dengan upaya pemerintah daerah untuk merealisasikan visi Mewujudkan Kemandirian Kota Tidore Kepulauan sebagai Kota Jasa Berbasis Agro Marine.

Dengan 3 sektor sebagai prioritas utama, yaitu Pertanian, Perikanan dan Pariwisata dan didukung oleh sektor PerhubunganLaut sebagai penggerak utama.

Sementara itu, Kordinator tim Pelaksana Bimtek Ridwan M. Ali dalam laporannya menyampaikan peserta Bimtek yang berjumlah 192 orang terdiri dari, 48 Kepala Desa, 48 ketua BPD, 48 Sekretaris Desa, dan 48 Bendahara Desa. (mc tidore/humas/toeb)