Bupati Indramayu Kembali Salurkan Dana ZIS

:


Oleh MC Kabupaten Indramayu, Selasa, 24 Mei 2016 | 11:37 WIB - Redaktur: Kusnadi - 321


Tukdana, InfoPublik – Bupati Indramayu Hj Anna Sophanah kembali menyalurkan dana Zakat, Infaq, Sodaqoh (ZIS) yang yang berhasil terkumpul di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Indramayu untuk putaran terakhir.

Kali ini giliran para mustahik di Kecamatan Bangodua, Tukdana, Jatibarang, Kertasmaya dan Kecamatan Sukagumiwang yang menerima penyaluran dana ZIS dengan total Rp209.750.000,-

Bantuan yang diperuntukan untuk rehab rumah keluarga miskin, marbot (penjaga masjid), guru madrasah DTA dan kaum dhuafa berupa paket sembako itu diserahkan langsung Bupati Anna Sophanah saat kunjungan kerja bertempat di halaman masjid Al Itiqomah, Desa  Bangodua, Kecamatan Bangodua, Senin (23/5).

Turut mendampingi, Ketua DPRD Kabupaten Indramayu, H Taufik Hidayat SH, Kasdim 0616/Indramayu, Waka Polres Indramayu, ketua Baznas Indramayu, Moh Mudor, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Asisten Adminitrasi, dan Kepala Bagian Humas dan Protokol.

"Semoga bantuan dana ZIS dari Baznas ini bermanfaat untuk meringankan beban kaum dhuafa sekaligus sebagai upaya pengentasan kemiskinan didaerah kita," kata Bupati Anna Sophanah.

Dalam kesempatan itu, dia kembali menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Indramayu yang secara ikhlas menyisihkan gajinya untuk menunaikan zakat profesi (Zaprof).

"Percaya dan yakinlah, ZIS yang telah dipungut dikelola dengan baik dan disalurkan kepada mereka yang benar-benar membutuhkan,contohnya adalah seperti yang bisa disaksikan saat ini," lanjutnya.

Ketua Baznas Indramayu, Moh Mudor melaporkan, perolehan ZIS yang berhasil terkumpul sepanjang tahun 2015 yaitu sebesar Rp3,9 miliar. Jumlah ini naik sekitar 1,8 miliar atau 87,87 persen dari perolehan tahun 2014 sebelumnya sebesar Rp2,1 miliar.

"Kenaikan ini dikarenakan peran serta semua pihak terutama motivasi, pembinaan dan bantuan dari Bupati Indramayu," sebutnya.

Sebelum di Kecamatan Bangodua, Baznas telah melaksanakan pendistribusian ZIS untuk 3.108 pelajar SMP/SMA/SMK yang dari keluarga fakir miskin sebesar Rp607,3 juta bertempat di aula SMAN 1 Sindang.

Kemudian telah diberikan bantuan modal usaha untuk fakir miskin yang mempunyai usaha melalui sebanyak 155 Majelis Taklim, serta bantuan rehab rumah gakin, merbot masjid, guru madrasah DTA dan paket sembako untuk mustahik di 5 kecamatan yang ada diwilayah eks Kawedanan Haurgeulis.

Camat Bangodua, Moh Iskak Iskandar menyampaikan rasa terima kasihnya atas kepedulian Bupati Anna Sophanah yang terus memberikan kepedulian kepada masyarakat gakin. Termasuk pula bantuan Mobil Siaga bagi desa di Kecamatan Bangodua yang saat ini dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Setelah para mustahik menerima bantuan, kami dari Pemerintah Kecamatan bersama Baznas dan Kuwu akan terus memonitor sejauh mana pemanfaatannya. Sekaligus juga mendorong partisipasi donator serta agania guna mensukseskan program terutama rehab rumah gakin," jelasnya.  (Mc Kab. Indramayu/Kus)