Desa Sukamukti Kabupaten Kuningan Bangun Kantor dan Gedung Serbaguna

:


Oleh MC Kabupaten Kuningan, Senin, 23 Mei 2016 | 10:00 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Kuningan, InfoPublik - Dalam rangka memenuhi kebutuhan akan sarana dan prasarana di desa Sukamukti, Kecamatan Cipicung, sejak tahun 2015 lalu hingga saat ini, sedang dibangun kantor dan gedung serbaguna desa setempat. Kantor dan gedung serbaguna tersebut, ditargetkan selesai pada tahun 2017.

Sampai sekarang pembangunan masih berjalan dan baru 45% selesai. Biaya yang sudah dikeluarkan mencapai Rp650 juta, berasal dari Infrastruktur Provinsi tahun 2015 ditambah dari DD dan ADD, belum termasuk dari swadaya masyarakat berupa tenaga dan konsumsi. Diprediksi anggaran yang dikeluarkan sampai rampung bisa mencapai diatas Rp1 miliar.

“Walaupun angggaran sangat besar, tapi yakin akan selesai sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Asalkan semuanya bisa bekerjasama dengan baik, gotong-royong, bahu membahu antara pemerintah desa, BPD, LPM, tokoh masyarakat serta elemen masyarakat lainnya. Insya Allah akan terwujud,”kata Kades Sukamukti Casta Miharja, pekan lalu.

Kedua bangunan tersebut berada dan dibangun berdampingan, kantor desa berukuran 15x9 meter dan gedung serbaguna berukuran 18,5x9,5 meter. Lokasinya menempati bangunan lama yang dibongkar karena sudah tidak layak karena termakan usia dan ketinggalan. Kebutuhan akan sarana tersebut tergolong mendesak karena tuntutan kebutuhan.

Selama ini, kegiatan pelayanan dilaksanakan di Poskesdes setempat dengan ruangan yang terbatas, bahkan tergolong sempit.

Apalagi jika ada tamu berkunjung, tapi tempat seadanya tidak menyurutkan semangat untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Seperti yang terlihat Info Kuningan seluruh perangkat desa nampak kompak dan menjunjung tinggi kekeluargaan.

Casta Miharja mengharapkan, kedepan jika sudah selesai nanti agar dapat memanfaatkan semua yang dimiliki dengan sebaik mungkin, menjaga dan memeliharanya.

Berdampak positif pula pada meningkatnya kinerja dan pelayanan seluruh perangkat, dan dapat mendongkrak semangat untuk mengabdi kepada masyarakat, lebih jauh lagi akan menjadi kebanggaan masyarakat desa Sukamukti. (mckuningan/ncuy/noeryaman/toeb)