Pemda Raja Ampat Benahi Kampung Wisata

:


Oleh MC Kabupaten Raja Ampat, Minggu, 22 Mei 2016 | 17:38 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 393


Raja Ampat, InfoPublik - Pariwisata merupakan potensi unggulan di  Raja Ampat, hal ini menjadi salah satu leading sector untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Raja Ampat.. Nilai dan manfaat pariwisatanya dapat  dinikmati masyarakat setempat. Dengan demikian  pemerintah daerah  telah melakukan pembenahan kampung wisata..

Pembenahan kampung wisata pun terus dilakukan pemerintah daerah seperti yang dilakukan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi adalah Pelatihan Management Perhotelan dan Pemandu Wisata (guide) bagi pemuda-pemudi yang berasal dari Kampung wisata Raja Ampat.

Pelaksana Tugas Assisten Bidang Administrasi dan Umum,  Abdul Samad Wajo,S.SOS mewakili Bupati Raja Ampat membuka kegiatan tersebut di Gedung Wanita Salome Syeben,  Selasa,  (17/5).

Dalam sambutnnya, pihaknya  mengatakan, pelatihan itu untuk mendukung visi Gempar Emas atau Gerakan Membangun Pariwisata dan Ekonomi Masyarakat. Dijelaskannya paket kebijakan di sektor pariwisata telah ditetapkan di antaranya kebijakan daerah agar profil dari jasa pariwisata bisa dinikmati oleh masyarakat Raja Ampat,.

Penambahan destinasi wisata, menggelar pelatihan kepada masyarakat agar bisa menyiapkan rumahnya sebagai homestay dengan tarif murah, akan tetapi menguntungkan, pelatihan pengolahan hasil laut berupa tepung ikan,abon dan produk lainnya.

“Pelatihan ini sangat penting sebagai satu kesempatan untuk membekali generasi pemuda dengan informasi, pengetahuan dan skil tentang manajemen perhotelan yang lebih profesional untuk menciptakan rasa aman, nyaman bagi para wisatawan,” ujarnya.

Ia menambahkan, masyarakat Raja Ampat harus siap menjadi pelaku usaha wisata dengan managemen yang profesional dan mampu bersaing. (mc.Kab. Raja Ampat/ferdy/eyv)