Penangkaran Rusa di Bojonegoro Jadi Sasaran Kunjungan Pelajar

:


Oleh MC Kabupaten Bojonegoro, Jumat, 20 Mei 2016 | 16:14 WIB - Redaktur: Tobari - 658


Bojonegoro, InfoPublik - Administratur Perhutani KPH Parengan Daniel Budi Cahyono mengungkapkan jumlah Rusa Jawa di area Asisten Perhutani (Asper) di Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro semakin bertambah. "Kita akan terus mengembangkan program dari Pertamina EP ini," ujarnya, Jum’at (20/5).

Saat ini ada empat ekor betina yang terindikasi bunting. Sekitar tiga minggu lalu akhirnya bisa lahir tiga ekor, sehingga jumlahnya ada 17 ekor rusa Jawa.

Daniel menyatakan, keberadaan penangkaran rusa ini menjadi bahan pembelajaran bagi siswa-siswi mulai dari tingkat sekolah dasar sampai sekolah lanjutan di Kabupaten Bojonegoro. Hampir setiap pekan, kunjungan dari sekolah berbeda diterima petugas di lapangan.

"Mereka banyak belajar dengan adanya penangkaran rusa, mulai perkembangbiakan, perawatan, sampai manfaat daging rusa yang bisa dimakan," tambahnya.

Meskipun ramai, namun pihak pengelola belum memikirkan apakah penangkaran ini akan dikomersialkan. Karena, selain bermanfaat untuk pendidikan, penangkaran ini lebih difokuskan untuk pengembangbiakan. "Target kita penangkarannya dulu," pungkasnya.(MC Bojonegoro/toeb)