12 SDDi Sleman Ikuti Lomba Dolanan Anak

:


Oleh MC Kabupaten Sleman, Rabu, 18 Mei 2016 | 16:33 WIB - Redaktur: Tobari - 730


Sleman, InfoPublik - Sebanyak 12 sekolah dasar (SD) di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, mengikuti lomba "Dolanan Anak" di Kantor Kecamatan Ngemplak untuk menyemarakkan Satu Abad Sleman.

‪"Lomba dolanan anak diperankan murid-murid SD secara berkelompok antara lima hingga 12 anak," kata Ketua Panitia Lomba "Dolanan Anak", Beska, Selasa (17/5).

‪Menurut Beska, jenis "dolanan anak" yang dilombakan meliputi "jaranan", "jamuran", permainan egrang, sepatu batok, "jetungan" (petak umpet), tembang-tembang anak, dan lainnya.

‪"Kegiatan ini untuk menyemarakan dan memeriahkan peringatan Hari Jadi ke-100 Tahun atau Satu Abad Kabupaten Sleman," katanya.

‪Beska mengatakan permainan "dolanan anak" merupakan pelestarian terhadap permainan anak-anak waktu lampau sebelum tahun 1990-an. ‪"Namun dengan perkembangan zaman dan era digital yang sangat pesat, permainan atau `dolanan anak` pada saat ini sangat jarang dijumpai," kata Beska.

‪Beska menambahkan sebenarnya permainan dolanan anak ini sangat banyak makna pendidikan yang terkandung di dalammnya, di antaranya kekompakan, kejujuran, dan kebersamaan.

‪"Nilai-nilai pendidikan yang terkandung tersebut akan menjadikan anak penuh tanggung jawab apabila terlibat dalam permainan," katanya.

‪Sementara Camat Ngemplak Subagyo mengatakan "dolanan anak" memang harus dilestarikan dan diperkenalkan terhadap anak-anak sekarang.

‪"Jangan hanya mempelajari teknologi permainan yang ada `handphone atau gaget, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menjunjung tinggi dan melestarikan budanya," kata Subagyo.

‪Juara lomba "dolan anak" ini untuk juara I SD Randusari, Juara II SD Model, dan Juara III SD Kejambon. (***/mc sleman/toeb)