Bupati Amril Ajak Masyarakat Komit Cegah Narkoba

:


Oleh Prov. Riau, Selasa, 17 Mei 2016 | 10:29 WIB - Redaktur: Kusnadi - 274


Bengkalis, InfoPublik -  Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengajak seluruh lapisan masyarakat di daerahnya untuk terus berkomitmen mencegah penyalahgunaan narkoba yang semakin mengkhawatirkan.

"Berkomitmen dengan bersatupadu kami anggap langkah yang tepat saat ini untuk mencegah penyalahgunaan dan peredaran narkoba yang dapat masuk kapan saja ke lingkungan kita," kata Amril usai meninjauan pelaksanaan Ujian Sekolah (US) tingkat Sekolah Dasar di sejumlah sekolah di Kecamatan Bengkalis dan Bantan, Senin (16/5/2016).

Kata Amril, pencegahaan terhadap ancaman dan bahaya penyalahgunaan obat terlarang, termasuk juga pergaulan bebas, harus dimulai dari lingkungan terkecil yakni keluarga. Caranya dengan penanaman akidah dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kemudian, pengawasan dan pembinaan orang tua kepada putra putrinya. Termasuk pengawasan dari pergaulan bebas.

"Salah satu cara untuk memudahkan pengawasan, sekolahkan putra-putri kita di sekolah-sekolah yang tidak begitu jauh dari lingkungan kita. Jangan sepenuhnya pengawasan itu ditugaskan kepada tenaga pendidik. Setiap orang tua memiliki tugas dan kewajiban yang sama untuk mengawasi putra-putrinya," pesan Amril.

Setelah keluarga, imbuhnya, selanjutnya adalah dengan pencegahan di tingkat lebih luas lagi. Yakni di lingkungan masyarakat, dimana pada fase ini semua lapisan masyarakat tanpa terkecuali sepakat mencegah serta memberantas peredaran narkoba dan pergaulan bebas.

"Kami imbau kepada masyarakat jika mengetahui adanya ancaman peredaran narkoba atau tindak pelanggaran sejenis untuk segera dilaporkan kepada aparat penegak hukum terdekat. Jangan sekali-kali melakukan tindakan main hakim sendiri," ujarnya.

Upaya pencegahan dan penmberantasan peredaran dan penyalahgunaan narkoba yang semakin hari semakin memprihatinkan, kata bupati, tidak bisa hanya diserahkan kepada pihak kepolisian untuk menanganinya. Peran masyarakat sangat dibutuhkan untuk mendukung kerja kepolisian. Tidak terkecuali ulama.

"Kami imbau juga kepada seluruh ulama di daerah ini agar tidak henti-hentinya menyampaikan perihal bahaya narkoba dan pergaulan bebas kepada jamaahnya dimana pun berada," ujar Bupati.(MC Riau/man/Kus)