Pemko Palembang Siap Atasi Genangan Air

:


Oleh MC Kota Palembang, Jumat, 13 Mei 2016 | 10:53 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 234


Palembang, InfoPublik -  Pemerintah Kota Palembang telah melakukan beberapa langkah strategis untuk mengurangi intensitas dan sebaran genangan air saat hujan. Hasilnya bagus.

“Kalau dulu terdapat 59 sampai 60-an titik genangan air di kota Palembang dengan durasi lebih dari dua jam baru surut. Sekarang sudah 40-an titik genangan. Itu pun durasinya paling lama setengah jam,” kata Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Palembang, Hardayani, pada acara sosialisasi “Peran Serta Kelompok Masyarakat Kegiatan Gotong Royong Dalam Upaya Pengendalian Banjir” di hotel Amaris Palembang, Rabu ,(4/5)

Salah satu upaya itu yakni gotong royong membersihkan drainase, anak sungai, maupun gorong-gorong atau tempat-tempat yang berpotensi menyebabkan genangan air maupun penumpukan sampah.

“Pak Wali Kota sudah mencanangkan program gotong royong seminggu sekali, yaitu tiap hari Minggu. Ke depannya bakal jadi Sabtu-Minggu dari pukul 7 sampai pukul 9,”  ujar Hardayani.

Upaya lain, dengan menggencarkan usaha non-teknis kepada masyarakat umum. Seperti sosialisasi yang dilakukan hari ini.

“Kita sosialisasikan cara mengantisipasi terjadinya banjir dan genangan air ketika hujan turun kepada seluruh elemen masyarakat. Pemerintah Kota Palembang juga berharap agar masyarakat membantu dalam menjaga lingkungannya,” ujar Hardayani.

Ia juga meminta masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, terutama, di sungai.  Hardayani juga memberikan penjelasan perbedaan antara banjir dan genangan air.

“Setiap turun hujan dan terjadi genangan air, masyarakat langsung mengatakan banjir. Padahal itu bukan banjir tapi hanya genangan air saja. Jadi masyarakat harus membedakan dulu antara banjir dan genangan. Kalau banjir itu berhari-hari, tapi kalau genangan itu cuma berjam-jam. Jadi beda itu.” (MC.Kota Palembang/ Ria Amelia/Hidayatullah/Eyv)