Tiga Stasiun Diresmikan, Bupati Lebak Usul Kereta Khusus Hasil Tani dan Laut

:


Oleh Dian Thenniarti, Rabu, 11 Mei 2016 | 14:39 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 488


Jakarta, InfoPublik - Direktur Jenderal Perkeretaapian, Hermanto Dwiatmoko didampingi Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya meresmikan pengoperasian tiga Stasiun yang telah selesai dibenahi untuk tampilan baru yang lebih modern di Stasiun Maja, Rabu (11/5).

Ketiga stasiun tersebut yaitu Stasiun Kebayoran, Stasiun Parung Panjang dan Stasiun Maja. Selain itu diresmikan juga pengoperasian jalur ganda dan eletrifikasi lintas Parungpanjang Maja. 

Hermanto menjelaskan pembangunan ketiga stasiun tersebut telah dimulai pada pertengahan tahun 2014 lalu. "Total pembiayaan untuk pembangunan ketiga stasiun tersebut berasal dari APBN sebesar ±Rp112 Miliar dengan kontrak tahun jamak," ujar Hermanto.

Pada kesempatan peresmian, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya meminta kepada pemerintah melalui Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan agar disediakan kereta khusus untuk mengangkut hasil pertanian dan laut.

Menurut Iti, permintaan tersebut dikarenakan kebanyakan masyarakat Maja dan Lebak bertani dan melaut. Bila ada kereta khusus, diharapkan hasilnya bisa dijual ke Jakarta dengan lebih mudah dan cepat.

"Untuk hasil laut Kabupaten Lebak, yang utama adalah ikan tuna. Tidak jarang, tuna dibawa ke Jakarta dan diperjualbelikan. Dibarter dengan hasil laut dari Jakarta. Bila permintaan ini dikabulkan, ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat Lebak," ujar Iti.