Tapadaa Wakili Gorontalo Dalam Lomba PKK Tingkat Nasional

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Selasa, 10 Mei 2016 | 10:28 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 1K


Bone Bolango, InfoPublik – Desa Tapadaa Kecamatan Suwawa Tengah, Kabupaten Bone Bolango terpilih mewakili Provinsi Gorontalo dalam penilaian lomba halaman, asri, teratur, indah, dan nyaman Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (Hatinya PKK) tingkat nasional tahun 2016.

Camat Suwawa Tengah, Yasni Hadju ketika diwawancarai di kantor Bupati Bone Bolango, Selasa (10/5), mengatakan terpilihnya Desa Tapadaa mewakili Provinsi Gorontalo dalam ajang penilaian lomba Hatinya PKK tingkat nasional ini, sebelumnya melalui seleksi panjang mulai dari tingkat desa se Kecamatan Suwawa Tengah. Selanjutnya, dari tingkat kecamatan se Kabupaten Bone Bolango, dan terakhir penilaian di beberapa kabupaten di Provinsi Gorontalo.

“Desa Tapadaa ini hasil seleksi dari beberapa kabupaten di Provinsi Gorontalo oleh TP.PKK Provinsi Gorontalo dan menetapkan Hatinya PKK Desa Tapadaa sebagai juara satu di tingkat Provinsi Gorontalo. Karena itu dinilai yang terbaik, maka berhak mewakili Provinsi Gorontalo pada penilaian lomba Hatinya PKK di tingkat nasional,”kata Yasni Hadju.

Menurutnya, untuk penilaian lomba Hatinya PKK tingkat nasional ini akan dimulai pada akhir bulan Mei 2016 hingga bulan Juli 2016 mendatang.”Mereka tim penilai dari pusat atau nasional akan turun ke Desa Tapadaa untuk menilai Hatinya PKK di Desa Tapada, dan tim ini akan datang secara tiba-tiba,”terangnya.

Lebih jauh, ia menuturkan, lolosnya Hatinya PKK Desa Tapadaa, Kecamatan Suwawa Tengah ke tingkat nasional merupakan sebuah prestasi luar biasa. Apalagi kalau pada penilaian nanti bisa menjadi pemenang utama.”Prestasi ini tentu merupakan kerja keras kita semua, baik itu pemerintah dan TP.PKK desa, kecamatan, kabupaten, serta seluruh warga masyarakat dan ibu-ibu PKK Desa Tapadaa secara khusus.

Karena dengan kerja keras, pasti akan membuat kita maju demi mewujudkan Bone Bolango Cemerlang,”tandasnya.
Ia berharap semoga pada penilaian lomba Hatinya PKK, Desa Tapadaa yang pertama kalinya mengikuti lomba ditingkat nasional ini bisa menang, dan membuat warga masyarakat Desa Tapadaa bisa bangga, serta membawa nama harum daerah Bone Bolango dan Provinsi Gorontalo pada umumnya.

Wakil Ketua TP.PKK Kabupaten Bone Bolango, Hj. Ulfa Wartabone Komendangi secara terpisah, menjelaskan bahwa penilaian lomba Hatinya PKK ini meliputi pemanfaatan pekarangan rumah untuk menanam tanaman bermanfaat, seperti tanaman obat keluarga (Toga), tanaman sayur-sayuran dan lain sebagainya.

"Selain itu, memanfaatkan pekarangan rumah dengan membuat kolam ikan.”Intinya semua pekarangan rumah warga pemanfaatannya itu bisa untuk memenuhi cadangan pangan bagi keluarganya sekaligus membuat pekarangan rumah menjadi asri dan nyaman,”jelasnya.

Terakhir Ulfa mengaku bangga dengan adanya kreativitas dan inovasi PKK dan masyarakat Desa Tapadaa tersebut. Dia berharap Desa Tapadaa kedepan menjadi pilot project Hatinya PKK di Kabupaten Bone Bolango dan juga di Provinsi Gorontalo. (MC.Bone Bolango/Hms/Kadir/Eyv)