Hadapi MEA, Gorontalo Jangan Jadi Penonton Di Daerah Sendiri

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Selasa, 10 Mei 2016 | 08:39 WIB - Redaktur: Kusnadi - 407


Bone Bolango, InfoPublik – Wakil Gubernur (Wagub) Gorontalo Idris Rahim mengatakan ketersediaan sumber daya mManusia (SDM) yang professional menjadi syarat utama dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada tahun 2016 ini.

Menurutnya, jika ketersediaan SDM yang professional ini diabaikan, maka kita sebagai anak bangsa akan menjadi penonton di daerah kita sendiri.

Ia menjelaskan MEA menciptakan pasar tunggal ASEAN dengan aliran bebas barang, jasa, investasi, tenaga kerja terdidik, mahir, trampil dan memiliki kompetensi yang mumpuni. Apalagi ditunjang dengan modal yang besar.

“Nah, jika SDM kita di Gorontalo tidak kompetitif, terampil, dan professional, maka kita akan lebih banyak menjadi penonton di daerah kita sendiri,”kata Wagub Gorontalo Idris Rahim ketika memberikan pengarahan dan motivasi kepada peserta ujian nasional (UN) SMP di SMP Negeri 1 Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Senin (9/5).

Untuk itu, Wagub Gorontalo Idris Rahim berharap kepada seluruh peserta UN SMP agar dalam menghadapi MEA tahun 2016 ini terus meningkatkan kompetensinya dengan berusaha belajar dengan sungguh-sungguh dan sebaik-baiknya, sehingga menjadi SDM-SDM yang berprofesional dibidangnya masing-masing. (Hms/Kadir/Kus)