Bone Bolango, InfoPublik – Wakil Gubernur (Wagub) Gorontalo Dr.Drs.H.Idris Rahim, MM menegaskan bahwa melalui pelaksanaan ujian nasional (UN) SMP sederajat di Provinsi Gorontalo harus menjadi momentum untuk kita semua bersepakat, beropsesi dan berambisi agar pendidikan di Indonesia, khususnya di Provinsi Gorontalo harus maju.

Hal ini disampaikan Wagub Gorontalo Idris Rahim di sela-sela memberikan sambutan pada monitoring dan penyerahan sampul ujian nasional (UN) perdana SMP sederajat di SMP Negeri 1 Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Senin (9/5).

Menurut Wagub, ada tiga factor penentu agar pendidikan di Gorontalo bisa maju. Pertama sarana dan prasarana pendidikan harus ditingkatkan.

”Alhamdulillah sekarang kita bisa melihat sekolah-sekolah di sini sudah tambah bagus. Tentu ini tidak lepas dari perjuangan Dinas Pendidikan, Kebudayaan dan Olahraga Provinsi Gorontalo dan juga Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bone Bolango,” ujar Wagub Idris Rahim.

Selanjutnya, factor kedua penentu pendidikan harus maju, yakni kompetensi SDM guru-guru di sekolah harus ditingkatkan. Sehingga disana-sini harus di sertifikasi guru-gurunya, ini dalam rangka untuk peningkatan mutu daripada guru-guru yang berakibat pada peningkatan mutu dan kualitas pendidikan anak-anak didiknya.

Terakhir faktor ketiga penentu bagaimana pendidikan harus maju, yakni pemerintah harus berupaya sesuai amanat Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) untuk menyediakan anggaran 20 persen.

”Kita beruntung bahwa untuk anggaran pendidikan di Provinsi Gorontalo, termasuk di Bone Bolango itu sudah tersedia dalam APBD lebih dari 20 persen,”tandas Wagub Idris Rahim. (Hms/Kadir/Kus)