Menkeu: Target Pertumbuhan Ekonomi Bisa Tercapai

:


Oleh Amrln, Senin, 9 Mei 2016 | 11:21 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 634


Jakarta, InfoPublik - Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang PS Brodjonegoro mengatakan target pertumbuhan ekonomi tahun ini masih bisa tercapai, karena pertumbuhan ekonomi triwulan I-2016 lebih baik dari periode yang sama tahun lalu.

Menurut Menkeu, meskipun pada triwulan I-2016 perekonomian nasional hanya tumbuh 4,92 persen, namun angka itu sudah lebih baik dibandingkan triwulan I-2015 yang hanya 4,73 persen. "Basis 'growth' Q1 sudah lebih tinggi dibanding tahun lalu dan potensi 'growth' lebih tinggi di triwulan berikutnya lebih besar," kata Menkeu dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (8/5).

Bambang menjelaskan salah satu penyebab pertumbuhan ekonomi triwulan I-2016 sedikit di luar perkiraan adalah konsumsi rumah tangga yang melambat karena permintaan dan daya beli masyarakat sedang menurun.

"Untuk itu, salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja perekonomian adalah dengan mendorong daya beli masyarakat agar sektor konsumsi rumah tangga bisa memberikan kontribusi lebih maksimal pada pertumbuhan," ujarnya.