Diskominfo Boven Digoel Bentuk KIM Di 3 T

:


Oleh MC Kab Boven Digoel, Senin, 2 Mei 2016 | 10:17 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 785


Boven digoel, Info Publik - Dinas Komunikasi dan Informati Kabupaten Boven Digoel terus melakukan upaya pembentukan Kelompok Informas masyarakat ( KIM ) sampai ke daerah – daerah  Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T).

Pada tahun ini, Dinas Kominfo Kabupaten Boven Digoel membentuk dua Kelompok Informasi Masyarakat yaitu di Distrik Mindiptana dan Waropko, sehingga kini sudah ada emam kelompok yang telah berjalan.

Seiring dengan tuntutan diera globalisasi saat ini, sehingga disahkannya Undang-undang Nomor 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik ( K I P ). setiap informasi publik bersifat terbuka dan dapat diakses oleh setiap pengguna informasi publik.

Sesuai dengan amanat Undang-undang dan Peraturan Menkominfo dipandang perlu untuk dibentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dimasing-masing distrik yang berada dikabupaten boven digoel guna mewujudkan peningkatan kesejahteraan kelompok Informasi masyarakat dan dapat berpartisipasi dalam mengakses informasi dan pelayanan informasi publik yang lebih maksimal dalam mengisi ruang dan waktu.

Berdasarkan hal tersebut Dinas komunikasi dan informatika kabupaten boven digoel melalui bidang pelayanan informasi pembangunan melaksanakan pembentukan kelompok informasi masyarakat dan yang menjadi target adalah daerah – daerah perbatasan , terluar dan terisolir dalam mengekses informasi.

Sejak tahun 2011, Diskominfo sudah melaksanakan pembentukan kelompok KIM dan sudah berjumlah enam kelompok KIM dan telah dibekali dengan pelatihan – pelatihan dan sarana pendukung seperti, leptop, printer, kamera foto, handycamp,televisi, parabola,sarana internet dan juga dana pembinaan dan pada ifen Pekan Informasi Nasional kelompok KIM telah diikutsertakan.

Melalui dana Otonomi Khusus ( Otsus ), Pemerintah kabupaten Boven digoel mengalokasikan dana sebesar 20 juta untuk setiap kelompok KIM dan dana ini akan langsung masuk ke rekening kelompok KIM masing – masing.

Dalam arahan kepala dinas komunikasi dan informatika kabupaten boven digoel Drs. Albertus Felubun saat melaksanakan pembentukan kelompok KIM di distrik Mindiptana dan Waropko  Boven Digoel  mengatakan, tujuan yang paling utama, KIM dapat memberikan informasi kepada yang lainnya contohnya tentang masalah pertanian, kebudayaan, kebijakan – kebijakan Pemerintah Pusat maupun daerah dan masalah-masalah lainya.

Hal itu yang membuat perlu dibentuknya kelompok informasi dan dapat menjadi Corong pemerintah di daerah – daerah sehingga bisa menunjang kemajuan pembangunan suatu distrik/kampong yang mana sesuai dengan komitmen Bupati Boven Digoel untuk mengutamakan pembangunan di kampung - kampung. (MC.BOVEN DIGOEL/edy/eyv)