Kunjungan Kerja Presiden Fokus Revitalisasi Pasar Tradisional

:


Oleh Irvina Falah, Jumat, 29 April 2016 | 20:01 WIB - Redaktur: Irvina Falah - 408


Bima - Jumat 29 April 2016, Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana Joko Widodo akan bertolak ke Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta.

Dari sini Presiden dan Ibu Iriana berganti pesawat dengan menggunakan Pesawat CN-295 TNI AU menuju Bandara Sultan Muhammad Salahudin, Kabupaten Bima, NTB. Di Bima, Presiden akan meresmikan Pasar Raya Amahami Kota Bima.

Pada saat meluncurkan program Revitalisasi 1.000 pasar rakyat 2015 di Pasar Manis Purwokerto, Kabupaten Banyumas pada Juni tahun lalu, Presiden mengatakan bahwa jangan sampai pasar tradisional kalah bersaing dengan pasar modern, jika dibiarkan saja pasar tradisional akan hilang.

Saat itu juga Presiden meminta agar pembangunan pasar tradisional tidak hanya pembangunan fisik saja, tapi juga pendampingan dalam manajemen pasar, yang meliputi pembukuan dan pencatatan keluar masuk uang. "Tidak usah pakai AC karena akan menjadi beban biaya listrik. Yang penting pedagang rapi, gotong royong bersama dan pembeli datang nyaman," kata Presiden.

Nanti Malam Buka ISC 2016

Usai meresmikan Pasar Raya Amahami, Presiden dan rombongan kembali ke Bandara Internasional Lombok, NTB dengan menggunakan Pesawat CN-295 TNI AU untuk melanjutkan perjalan ke Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Tiba di Jayapura malam hari, Presiden meresmikan Pembukaan Indonesia Soccer Championship 2016. Pertandingan perdana pada Pembukaan ISC 2016 adalah Persipura Jayapura melawan Persija Jakarta.

ISC adalah liga sepakbola sebagai pengganti Indonesia Super League (ISL) yang terhenti sejak pembekuaan PSSI oleh Pemerintah. ISC terdiri dari dua bagian, A dan B. ISC A diisi oleh 18 klub yang berasal dari kompetisi Liga Super Indonesia (ISL). ISC B dihuni 59 klub Divisi Utama. ISC tidak memberlakukan sistem promosi dan degradasi.

18 klub peserta ISC 2016 adalah Semen Padang, Sriwijaya FC, Persija Jakarta, Persib Bandung, Madura United, Persela Lamongan, Gresik United, Arema Cronus, Surabaya United Bhayangkara, Barito Putera, Mitra Kukar, Bali United, Persiba Balikpapan, PSM Makassar, PS TNI, Perseru Serui, Persipura Jayapura dan Pusamania Borneo.

Setelah menghadiri pembukaan ISC 2016, Presiden dan Ibu Iriana akan bermalam di Jayapura. Turut mendampingi Presiden, Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki.