Angkutan Motor Gratis, PT KAI Akan Kerahkan 35 Kereta Bagasi

:


Oleh G. Suranto, Jumat, 29 April 2016 | 13:11 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 637


Jakarta, InfoPublik - Selama masa angkutan Lebaran 2016, PT KAI bekerjasama dengan Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan untuk melayani angkutan sepeda motor gratis dengan KA di lintas utara dan selatan.

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro mengatakan, untuk memfasilitasi penyelenggaraan angkutan motor gartis ini, PT KAI mengerahkan 35 kereta bagasi dengan rincian 14 kereta bagasi untuk lintas utara, 14 kereta bagasi untuk lintas selatan satu, dan tujuh kereta bagasi untuk lintas selatan dua.

“Target kapasitas angkut 15.834 motor, meningkat dari tahun 2015 yang hanya berkapasitas angkut 9.900 motor,” kata Edi saat acara jumpa pers di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (29/4).

Menurutnya, KA angkutan motor gratis ini akan dioperasikan selama enam hari saat arus mudik, yakni mulai tanggal 28 Juni sampai 3 Juli 2016, dan selama tujuh hari operasi saat arus balik mulai tanggal 10-16 Juli 2016.

Jalur lintas utara mencakup Stasiun Jakartagudang-Stasiun Surabaya Pasar Turi. Stasiun pemberhentian yakni Cirebonprujakan, Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, dan Babat.

Lintas Selatan 1 yakni Stasiun Jakartagudang-Stasiun Kutoarjo. Stasiun pemberhentian pada stasiun Purwokerto, Kroya, Gombong, Kebumen, Kutoarjo. Kemudian Lintas Selatan 2, Stasiun Jakartagudang-Stasiun Kediri. Stasiun pemberhentian yakni Lempuyangan, Klaten, Solojebres, Madiun, Kertosono.

Ia menambahkan, pendaftaran angkutan motor gratis ini sudah dibuka sejak 8 Maret 2016 hingga 6 Juni 2016 di Stasiun Jakartagudang dan Pasar Senen, Jakarta.

Bagi masyarakat yang telah mendaftar pada periode 8 Maret sampai dengan 6 Mei 2016, PT KAI memfasilitasi untuk pembelian tiket mudik menggunakan KA dengan ketentuan maksimal tiga orang dalam satu keluarga (2 dewasa, 1 anak maksimum 11 tahun) untuk satu motor.

Sementara bagi mereka yang mendaftar untuk angkutan motor gratis dengan KA setelah tanggal 6 Mei 2016 tidak difasilitasi untuk pembelian tiket mudik dengan KA.