Optimalisasi Media Center Gratis Maluku Tenggara Untuk Meningkatkan SDM.

:


Oleh MC Kabupaten Maluku Tenggara, Kamis, 28 April 2016 | 08:39 WIB - Redaktur: Tobari - 334


Langgur, InfoPublik - Media Center merupakan wahana pelayanan informasi kebijakan pemerintah berbasis teknologi informasi dan komunikasi, yang dibangun untuk mendukung pelaksanaan tugas lembaga pemerintah daerah khususnya dalam penyebarluasan informasi untuk kebutuhan publik.

Kepala Seksi Informasi Dishubkominfo Kabupaten Maluku Tenggara Semuel D. Tapotubun menyampaikan hal ini saat melakukan sosialisasi pengelolaan dan pemanfaatan Media Center Gratis bagi masyarakat Maluku Tenggara di Sekolah Mengengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Langgur, Rabu (27/4).

Dikatakan bahwa sosialiasi ini, merupakan bagian dari pelaksanaan Proyek Perubahan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Provinsi Maluku Angkatan VII Tahun 2016 sebelum diseminarkan pada awal Juni 2016 ini.

Selain itu, sudah menjadi Tupoksi Bidang Kominfo untuk memberikan pelayanan publik tentang bagaimana pengembangan informasi teknologi kepada publik.

Semuel D. Tapotubun menambahkan bahwa  Media Center dirancang untuk mengembangkan pelayanan informasi kepada publik sebagai bagian dari upaya mendorong masyarakat dalam mendapatkan informasi yang akurat, cepat, mudah dan terjangkau.

Keberadaan bahwa Media Center merupakan satuan gugus tugas yang berada dan melekat secara operasional pada lembaga informasi dan komunikasi yang ada di Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara,  yaitu Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Maluku Tenggara.

“Disamping itu, tujuan dari pada tugas lembaga pemerintah daerah di bidang informasi dan komunikasi secara timbal balik,” katanya.

Selain materi pengelolaan dan pemanfaatan Media Center Gratis bagi masyarakat, juga materi perkembangan dan penggunaan media Internet Sehat menuju masyarakat Maluku Tenggara Berbasis Teknologi, dan pemutaran film pendek Internet Sehat, dan dilanjutkan dengan diskusi/tanya jawab antara narasumber, siswa dan para guru.

Adapun pelaksanaan sosialisasi ini berlangsung selama empat kali, yaitu di SMK Teknik Pertanian Ohoinol Kecamatan Kei Kecil Timur, SMP Negeri XI Kelanit Kei Kecil, SMP Negri IX Ngilngof Kecamatan Manyew, dan SMK Negeri 1 Langgur.

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Langgur, UAR merespon positif dengan mengarahkan para siswa untuk wajib mengikuti dengan saksama karena menjadi bagian terpenting dalam menunjang pembelajaran serta kedisiplinan mengunakan Internet yang baik dan benar.

Dari semua proses ini diharapkan agar Media Center Gratis Kabupaten Maluku Tenggara memberikan dampak positif untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) bagi masyarakat umumnya dan anak-anak sekolah khususnya. (mc malra/toeb)