Pemkab Pinrang Raih Penghargaan Kinerja Terbaik Tingkat Nasional

:


Oleh MC Kabupaten Pinrang, Rabu, 27 April 2016 | 09:10 WIB - Redaktur: Tobari - 561


Pinrang,  InfoPublik -  Kinerja Pemerintahan Kabuparen Pinrang  untuk kedua kalinya mendapat penghargaan dari pemerintah pusat. Kabupaten yang saat ini dinahkodai Aslam Patonangi ini berhasil keluar sebagai terbaik II  tingkat nasional dalam Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) 2015.

Kepastian LPPD  keluar sebagai juara II Nasional ini, disampaikan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat memberikan sambutan di acara Hari Otonomi Daerah ke-20 di Kabupaten Kulonprogo DI Yogyakarta, Senin (25/4), tentang penetapan peringkat dan status kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah secara nasional.

Penghargaan ini diserahkan Mendagri Tjahjo Kumulo mewakili Presiden RI dan diterima langsung Bupati Pinrang Aslam Patonangi, didampingi Sekda Pinrang Drs H Syarifuddin Side,M.Si dan Kabag Pemerintahan Setda Pinrang Drs Abd Rahman Mahmud.

Pemkab Pintang berhasil mengungguli 500 kota/kabupaten  lainnya di Indonesia dan hanya di bawah kabupaten Tulungagung Jawa Timur.

Menanggapi hal itu, Bupati Pinrang Aslam Patonangi menjelaskan, apa yang didapat  tahun 2014 lalu di urutan 6 dan tahun 2015/naik ke urutan 2 tingkat nasional.

Sekda Pinrang Drs H Syarifuddin Side, menjelaskan bahwa penghargaan LPPD tahun 2014 lalu diterima dirinya di Kemendagri. Dan tahun ini yang kedua diterima langsung Bupati Pinrang. "Ini prestasi dan luar biasa. Sangat tinggi berarti tidak ada lagi di atasnya," tegas Syariefuddin.

Ia menegaskan, penghargaan bukan tujuan utama, tapi penghargaan adalah ukuran yang jelas menilai prestasi sebuah daerah dan kepemimpinan di daerah tersebut.

"Kunci dari segalanya adalah manajemen. Bicara manajemen berarti ada regulasi dan kebijakan, bicara manajemen berarti ada koordinasi dan pengawasan, dan bicara manajemen berarti ada implementasi dan inovasi seorang kepala daerah. Seperti itulah yang dilakukan Bupati Aslam Patonangi bersama Wakil Bupati Muh Darwis Bastama di Pinrang,” katanya.

Menurut Sekda Syarifuddin, apa yang kita capai ini suatu kebanggaan dan partisipasi semua stokholder yang ada Kabupaten Pinrang, karena itu pihaknya berterima kasih. (Alhim/Khyar MC Pinrang/toeb)