Masyarakat Disarankan Banyak Makan Ikan

:


Oleh MC Kalimantan Timur, Selasa, 26 April 2016 | 16:32 WIB - Redaktur: Tobari - 310


Samarinda, InfoPublik - Masyarakat disarankan banyak makan ikan dalam pemenuhan kebutuhan konsumsinya. Utamanya bagi ibu hamil dan menyusui disarankan banyak mengkonsumsi ikan bila ingin melahirkan anak berkualitas.

“Hasil riset menyebut, jika ibu hamil banyak mengkonsumsi ikan saat anaknya lahir besar otaknya sudah 20%, sama dengan orang dewasa. Jika umur 2 tahun 70-80%, sama dengan otak orang dewasa dan saat 5 tahun sama persis dengan orang dewasa,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kaltim Nursigit, di Samarinda, Selasa (26/4).

Tidak hanya beradasarkan hasil riset, Nursigit mengaku pernah mendengar langsung pengakuan masyaraakt saat dialog interaktif melalui siaran radio. Menurutnya, sang ibu mengaku memiliki anak yang cerdas karena banyak makan ikan saat hamil.

“Makanya kalau mau cerdas banyak makan ikan, karena banyak mengandung gizi dan vitamin yang baik untuk sehatan dan kecerdasan. Semua ikan sama. Punya manfaat bagi kehidupan masyarakat, khususnya dalam mendukung tumbuh kembang anak,” katanya.

Sejalan dengan itu, pemerintah sejak beberapa tahun terakhir telah membuat program gemar makan ikan dalam rangka meningkatkan minat masyarakat untuk mengkonsumsi ikan.

Implementasinya disebut bukan mustahil karena sektor kelautan dan perikanan merupakan komoditi pangan yang tidak pernah mengimpor dalam pemenuhan kebutuhannya. Bahkan produksinya cenderung meningkat dari tahun ke tahun sehingga tidak hanya cukup untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat, tapi juga selalui ekspor.

Produksinya sebesar 335.000 ton pada 2013, meningkat menjadi 441.000 ton pada 2014, dan kembali meningkat menjadi 480.000 ton pada 2015.(diskominfo kaltim/arf/toeb)