Bupati Banyuasin Resmikan Rekreasi Wisata Alam dan Edukasi Hutan Kemampo

:


Oleh MC Kabupaten Banyuasin, Selasa, 26 April 2016 | 13:36 WIB - Redaktur: Kusnadi - 736


Pangkalan Balai, InfoPublik – Bupati Banyuasin Yan Anton Ferdian, Sabtu (23/4), meresmikan tempat rekreasi alam hutan Kemampo, yang berada di Kelurahan Kayu Are Kuning, Kecamatan Banyuasin III, Banyuasin. Tempat rekreasi wisata alam dan edukasi seluas 250 hektar tersebut dilengkapi fasilitas di antaranya wanaha hiburan seperti olahraga flying fox, serta lokasi memancing.

Dalam sambutannya, Bupati Yan Anton Ferdian SH mengatakan sangat mendukung sekaligus mengajak warga untuk menjaga kelestarian hutan tropis sebagai tempat edukasi vegetasi langka sekaligus tempat rekreasi.

“Selama ini, Hutan Kemampo sebagai tempat edukasi bagi pelajar, mahasiswa dan peneliti. Karena itu, Kemampo merupakan salah satu harta yang tidak ternilai harganya milik daerah Banyuasin yang harus dijaga kelestariannya,” tandasnya.

Bupati juga mengingatkan, hutan vital peranannya selain sebagai penyumbang oksigen serta sumber mata air.

“Indonesia merupakan paru-paru dunia, karena itu kita hampir saja mengundang Leonardo Davinci, aktor Hollywood sekaligus aktivis lingkungan. Namun sangat disayangkan, aksi pembalakan yang terjadi di hutan lindung Sembilang yang semestinya kita jaga, inginnya Leonardo bisa berinvestasi,” timpalnya.

Pada Kesempatan itu, Bupati juga melakukan penanaman pohon dan kegiatan lomba memancing.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim Balitbang Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Bambang Supriyanto mengutarakan, hutan wisata ini merupakan tempat edukasi hutan dengan konsep bermitra dengan masyarakat.

 “Area ini sengaja dipilih, karena ada blok penempatan sebelumnya telah dilakukan penelitian terkait dengan wisata edukasi. Kementerian memang sudah melakukan penelitian dan memang memungkinkan untuk dilakukan di sini, selain telah diadakan penelitian dan pengembangan,” ujarnya.(Mc Kab. Banyuasin/Kus)