Menko Polhukam: Buron Korupsi Kita Kejar Terus

:


Oleh Yudi Rahmat, Senin, 25 April 2016 | 12:13 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 338


Jakarta, InfoPublik - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Panjaitan menegaskan aparat penegak hukum akan  terus  mengejar dan menangkap borunan pelaku tindak pidana korupsi yang ada di luar negeri.

"Masalah tahanan dan buronan tindak pidana korupsi akan kita kejar terus dan ini merupakan perintah Presiden Joko Widodo," kata Menko Polhukamdi kantornya, Senin (25/4).

Tentunya, kata Luhut, hal ini dilakukan sebagai upaya kerjasama pemerintah Indonesia dengan negara tempat  buronan asal Indonesia bersembunyi. Seperti Singapura, kerjasama pemerintah makin bagus, sehingga  Indonesia sekarang punya langkah yang lebih tepat dan tegas  untuk mengambil tahanan-tahanan dan borunan-boronan yang ada di sana. "Kami mengimbau mereka agar kembali ke Indonesia dan jalani proses hukum sampai selesai," katanya.

Menko Polhukam menegaskan  tidak akan memberi perlakuan yang istimewa. Mereka harus mempertanggungjawabkan apa yang dilakukan dan dipastikan menghadapi hukum dengan benar.

Sementara itu, tambahnya, terkait operasi di Poso, penangkapan kelompok Teroris Santoso berjalan dengan baik. Ada dua anggota Santoso yang menyerahkan diri kepada petugas aparat keamanan. "Mereka serahkan diri, karena kelaparan, kami melihat jumlah mereka 25 orang dan ini juga kami terus kejar dan menangkapnya," tandasnya.