SPAK Sorong Gelar Aksi Dan Kampanye Pencegahan Korupsi

:


Oleh MC Kabupaten Sorong, Sabtu, 23 April 2016 | 07:00 WIB - Redaktur: Tobari - 643


Sorong, InfoPublik – Organisasi  masyarakat “Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK)” Sorong menggelar aksi dan sekaligus mengkampanyekan perempuan sebagai tokoh sentral pencegahan korupsi. Kegiatan tersebut berlangsung di Pemkab Sorong bersamaan dengan kegiatan olahraga bersama PNS di daerah ini, Jum’at (22/4).

Koordinator SPAK Sorong Dr. Wa Ode Likewati mengatakan, kegiatan yang kita lakukan saat ini  sebagai bentuk sosialisasi, aksi dan sekaligus sebagai kegiatan kampanye pencegahan anti korupsi, lebih khusus kepada kaum perempuan. Artinya, kaum perempuan memiliki peran yang begitu besar terutama dalam internal keluarganya.

Menurutnya, Ormas SPAK sebagai  wadah bagi masyarakat khususnya bagi kaum perempuan agar dapat berpartisipasi dan berperan dalam penanggulangan dan pencegahan kasus korupsi.

Karena  sejatinya perempuan memang tokoh sentral dalam keluarga ataupun rumah tangga, sehingga masyarakat khususnya dari keluarga ke keluarga dapat mencegah terjadinya kasus korupsi.

“Kita memulai dari kaum perempuan dalam upaya bagaimana bisa mengatasi pencegahan korupsi itu, sehingga perannya sangat menentukan dalam keluarganya. Jika suami memiliki uang yang tidak sewajarnya ia miliki, maka peran kita di sini harus mengetahui apa sebenarnya sumber uang yang didapatkan sang suami dari yang tidak wajar itu,”ungkap Wa Ode.

Intinya kita harus memulai dari internal keluarga. Jika hal itu bisa kita atasi dengan baik maka untuk eksternalnya bisa kita sosialisasikan dengan baik kepada masyarakat lainnya. Sebab perempuan punya peran yang sangat menentukan dalam kehidupan keluarganya itu sendiri.

Pentingnya kita menyadari dengan adanya pencegahan terhadap kasus korupsi seperti ini, ya setidaknya meminimalisir berbagai kasus yang terjadi. Beragama kegiatan yang kita lakukan terutama pasca dikukuhkan SPAK ini sebagai agen di Papua Barat yang dipusatkan di Sorong, katanya.(MC.Sorong/rim/toeb)